Penumpang menggunakan antiseptik atau hand sanitizer di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Cek Fakta: Usai Pakai Hand Sanitizer, Apa Benar Tangan Mudah Tersambar Api?

Syaiful Millah
Senin, 23 Maret 2020 - 21:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cairan pembersih tangan atau yang dikenal dengan istilah hand sanitizer saat ini menjadi salah satu barang langka di tengah peningkatan kasus karena virus corona baru atau Covid-19. Masyarakat berbondong-bondong menggunakan barang ini untuk menghilangkan virus.

Namun demikian, sebuah kabar beredar di media sosial yang menyebut bahwa penggunaan hand sanitizer bisa membakar tangan seseorang. Kabar ini tersebar dengan gambar dan peringatan yang menyertainya.

“Perhatian semua orang!!! Saya baru saja mendengar berita buruk. Keluarga seorang teman memakai alkohol gel pembersih tangan dan pergi ke dapur untuk memasak. Akibatnya, kompor gas dinyalakan dan tangannya terbakar,” tulis pernyataan itu.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis penyakit kulit Anthony Handoko mengatakan bahwa hand sanitizer memang mengandung zat kimia yang bisa terbakar oleh api. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuatnya harus dihindari.

“Ini bukan salah hand sanitizer-nya, tapi cara penggunaannya yang bisa jadi tidak tepat. Setelah pakai harusnya tunggu dulu beberapa saat sebelum melakukan aktivitas lain. Dikeringkan dulu,” katanya kepada Bisnis, Senin (23/3).

Menurutnya, penggunaan cairan pembersih tangan dalam kondisi pandemi virus ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melakukan pencegahan penularan virus yang telah diketahui bisa bertahan beberapa waktu pada benda tertentu.

Dia menyarankan masyarakat agar mengkombinasikan penggunaan hand sanitizer dan mencuci tangan dengan air dan sabun. Keduanya merupakan proses yang saling melengkapi dan semakin memastikan kebersihan diri sendiri.

Kendati begitu, Anthony yang juga CEO Klinik Pramudia, menyatakan bahwa memang penggunaan hand sanitizer yang berlebihan bisa membuat beberapa orang mengalami iritasi dan peradangan kulit.

Untuk itu, dirinya memberikan saran agar masyarakat melengkapi pemakaian cairan pembersih tangan itu dengan pelembab kulit, “Untuk pencegahannya bisa memakai moisturizer dulu. Jadi setelah melakukan aktivitas, pakai pelembab, lalu pake hand sanitizer,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro