Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Layanan Telemedik untuk Hadapi Covid-19

Melalui telemedik, masyarakat dapat lebih siap secara dini dalam pencegahan dan penanganan menghadapi penyakit yang disebabkan SAR-CoV-2 atau Covid – 19.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  14:23 WIB
Tangkapan layar portal alodokter.com - Istimewa
Tangkapan layar portal alodokter.com - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB, Agus Wibowo mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi telemedik atau telemedicine, sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dikutip dari situs resmi Covid-19, Kamis (26/3/2020) Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) untuk memanfaatkan telemedik berbasis internet untuk memberikan pelayanan terkait Covid-19.

Melalui telemedik, masyarakat dapat lebih siap secara dini dalam pencegahan dan penanganan menghadapi penyakit yang disebabkan SAR-CoV-2 atau Covid – 19.

Di samping itu, layanan ini membantu memberikan informasi Covid-19 yang benar, sehingga masyarakat dapat mengantisipasi berita palsu (hoaks) maupun mengurangi kepanikan.

Sebanyak dua belas perusahaan digital yang tergabung dalam Atensi siap bersinergi dengan pemerintah.

Perusahan tersebut adalah DokterSehat, Alodokter, Halodoc, SehatQ, KlikDokter, Good Doctor Technology Indonesia, ProSehat, Link Medis Sehat, Klinikgo, Perawatku.id, Aveecena dan Docquity.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat meminimalkan kunjungan ke fasilitas kesehatan sehingga isolasi mandiri dan physical distancing dapat lebih efektif.

Bagi masyarakat yang berisiko tinggi terpapar Covid-19, layanan ini terhubung dengan fasilitas kesehatan terdekat maupun rumah sakit rujukan sesuai dengan protokol resmi pemerintah.

Layanan telemedik ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah-wilayah terindikasi rawan penyebaran Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top