Menyeimbangkan Pekerjaan dan Mengurus Anak saat WFH

Selain harus menyelesaikan pekerjaan kantor, para ibu ini juga harus mengurus sang anak. Dalam situasi ini, saat bekerja pun terkadang anak mengganggu dan menghilangkan konsentrasi di tengah deadline.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  13:45 WIB
Menyeimbangkan Pekerjaan dan Mengurus Anak saat WFH
Ilustrasi - Sheknows

Bisnis.com, JAKARTA - Imbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan bekerja di rumah membuat para ibu pekerja harus bekerja ekstra.

Selain harus menyelesaikan pekerjaan kantor, para ibu ini juga harus mengurus sang anak. Dalam situasi ini, saat bekerja pun terkadang anak mengganggu dan menghilangkan konsentrasi di tengah deadline.

Nah, jika anda dalam situasi seperti ini, berikut tips bekerja dari rumah bersama anak yang disampaikan Charlotte Davies, ahli karir dari LinkedIn, dikutip dari Metro.co.uk :

1. Bicara dengan anak anda tentang apa yang terjadi

Komunikasi menjadi kunci. Sampaikan kepada anak anda bahwa imbauan untuk tetap di rumah selama masa COVID-19 ini bukanlah hari libur. Katakan kepada anak anda bahwa mereka harus tetap belajar dan anda harus bekerja.

Sampaikan dengan bahasa ibu bahwa anda harus menyelesaikan pekerjaan dan jelaskan mengapa saat bekerja di rumah itu, anda tidak boleh diganggu.

2. Ciptakan ruang di area kerja anda untuk anak

Anda bisa membuat meja kerja kecil untuk anak anda. Atau, buat tempat untuk anak tetap bisa bermain dengan tenang di sekitar anda guna memastikan si anak tidak kesepian dan anda selalu ada untuk membantu mereka.

Charlotte menyarankan agar anda menyediakan meja kecil penuh dengan perlengkapan seni dan kerajinan.

3. Buat Jadwal

Atur panggilan dan rapat penting selama waktu tidur siang rutin anak anda. Jika anak anda tidak bisa tidur siang, tentukan waktu bermain yang tenang seperti membaca setiap hari, gunakan waktu ini untuk menerima panggilan atau pekerjaan yang membutuhkan perhatian anda.

4. Beritahu kolega anda bahwa anak anda ada di rumah

Dengan memberitahu kolega Anda, mereka bisa memaklumi kebisingan yang dibuat anak-anak selama panggilan telepon atau video berlangsung.

5. Buat waktu berkualitas dengan anak

Anda perlu menyediakan waktu untuk anak anda. Misal dengan membaca buku dan menonton televisi bersama, atau memainkan permainan yang anak anda sukai. Perhatian khusus ini untuk memastikan anak anda tidak diabaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
parenting

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top