Karyawan muda atau milenial Kimia Farma melakukan kegiatan berkebun di meresmikan Kebun Gizi Hidroponik di Pondok Pesantren Hidayatullah Depok, Jawa Barat, Senin (17/12/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Health

Ahli Gizi: Ini Tiga Cara Lawan Virus Corona

Novita Sari Simamora
Senin, 30 Maret 2020 - 20:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga saat ini, pemerintah belum menemukan obat yang tepat untuk melemahkan kekuatan virus corona (Covid-19), akan tetapi virus bisa dihindari dengan melakukan tiga cara.

Rita Ramayulis, Ketua Umum ISNA / Indonesia Sport Nutritionist Accosiation mengungkapkan bahwa virus bisa dilakukan dengan menjaga asupan gizi. Kesadaran untuk meningkatkan gizi makanan menjadi penting, di tengah pandemi ini.

Kini juga pemerintah memberlakukan work from home (WFH). Masa WFH, bisa menjadi saat yang tepat untuk menjaga pola konsumsi, yang selama ini sering mengonsumsi makanan cepat saji.

“Sampai saat ini memang belum ada obat untuk melawan virus. Kehidupan kita pun tidak mungkin terhindar dari virus. Namun, tidak perlu khawatir, imunitas tubuh bisa melawannya,” ungkapnya, Senin (30/3/2020).

Dia membeberkan tiga syarat untuk melawan virus corona (Covid-19). Pertama, imunitas tubuh harus selalu diisi ulang. Mengisi ulang imun bisa dilakukan memenuhi kebutuhan protein hingga mengonsumsi makanan mengandung vitamin C.

Kedua, menjaga kesehatan kulit,  saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Tiga saluran tersebut menjadi pintu masuk mikroorganisme termasuk virus.

Ketiga, mencegah penyakit tidak menular (obesitas, diabetes mellitus, hipertensi, dll). Kondisi ini berhubungan dengan adanya peradangan / inflamasi pada organ tertentu. Peradangan pada organ membuat virus bekerja lebih cepat untuk membuat kerusakan pada sel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro