Kulkas/Istimewa
Relationship

Kiat Menjaga Stok Makanan Tidak Cepat Busuk dan Basi

JIBI
Senin, 6 April 2020 - 07:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stok makanan kini dilakukan banyak orang untuk menghindari seringnya keluar rumah di tengah pandemi virus corona.

Sayangnya, banyak makanan yang kemudian cepat busuk dan basi ketika disimpan lama. Padahal sudah disimpan di lemari es.

Berikut beberapa tips agar dapat mengawetkan buah-buahan dan sayuran untuk jangka waktu yang lebih lama tapi tetap segar dan sehat, seperti dilansir dari laman The Indian Express.

Rebus sayuran sebelum dibekukan

Disarankan untuk merebus sayuran seperti brokoli, kacang polong, dan kacang Prancis selama 30 detik sebelum membekukannya. Wortel mentah dapat dipotong sebelum dibekukan. Disarankan Anda juga bisa blansir sayuran sebelum direbus atau kukus.

Bungkus sayuran berdaun

Sebelum menyimpan sayuran berdaun, yang terbaik adalah membilasnya terlebih dulu dan kemudian mengeringkannya dan bungkus dengan kertas yang bisa menyerap kelembaban. Anda kemudian dapat mendinginkan mereka dalam kantong atau wadah plastik tertutup atau bungkusan plastik.

Bikin acar

Dengan membuat acar, Anda bisa menyimpan stok makanan lebih lama. Pertama, simpan bahan acar dengan merendamnya dalam cuka atau minyak sayur untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Anda juga bisa menambahkan bumbu dan rempah antimikroba, seperti biji sesawi, bawang putih, kayu manis, atau cengkeh. Anda dapat mengasinkan makanan seperti daging, mentimun, bit, paprika, tomat, jamur, dan sebagainya.

Dijus

Agar buah tidak busuk, Anda bisa membuatnya sebagai jus dan simpan dalam wadah kaca kedap udara dan letakkan di kulkas. Pisang, di sisi lain, dapat disimpan di lemari es secara langsung. Bahkan jika kulitnya berubah menjadi coklat, buahnya akan tetap dapat dimakan dengan sempurna.

Temperatur dingin memungkinkan enzim yang ditemukan dalam pisang, yakni polifenil oksidase, untuk mempolimerisasi fenol dalam kulit pisang menjadi polifenol (menghitam). Pada saat yang sama, suhu dingin menjaga buah tidak terlalu matang.

Simpan susu atau produk-produknya dengan tepat
Daripada menyimpan susu dan makanan olahan susu lain di pintu lemari es, Anda disarankan untuk menyimpannya di belakang karena daerah itu lebih dingin. Tidak hanya suhu di pintu yang lebih tinggi tetapi juga terkena udara hangat setiap kali Anda membukanya meningkatkan kemungkinan bakteri untuk tumbuh dan merusak susu.

Lalu, makanan apa yang harus disimpan dalam suhu kamar? Simpan tomat, kentang, bawang merah, dan bawang putih pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung agar tetap segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro