Ilustrasi/Webmd
Health

Anak di Bawah Usia 2 Tahun Disarankan Tidak Pakai Masker, Ini Alasannya

JIBI
Selasa, 14 April 2020 - 09:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis anak di Pittsburgh Deborah Gilboa mengatakan bahwa berdasarkan imbauan CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, masker boleh digunakan sebagian balita.

“Hanya usia dua tahun ke bawah yang tidak dianjurkan,” katanya seperti dikutip dari Tempo.co. 

Anak-anak dengan usia dua tahun ke bawah tidak boleh menggunakan masker karena beberapa alasan. Gilboa mengatakan bahwa saat umur tersebut, saluran udara mereka masih kecil. “Hal ini membuat mereka mengalami kesulitan untuk bernafas jika ditambah dengan penggunaan masker,” katanya.

Pediatri di Ladera Ranch, Kanada Katherine Wiliamson mendukung pernyataan Gilboa. Wiliamson mengatakan bahwa bayi memiliki kebiasaan bergerak dengan bebas. Akibatnya penggunaan masker juga tidak akan efektif. “Karena posisi masker akan terus berpindah akibat aktifnya bayi bergerak,” katanya seperti dilansir dari situs Huffington Post.

Mengimbangi kebiasaan bayi, Wiliamson pun lebih mengimbau para orang tua untuk menerapkan kebiasaan kebersihan bagi anak-anak daripada menggunakan masker.

“Tangan bayi selalu dibersihkan dengan air dan sabun atau menggunakan tisu basah beralkohol. Penuhi asupan mereka juga dengan ASI untuk meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro