Jerawat di hidung/
Health

#diRumahSaja, Ini Penyebab Jerawat Datang Tanpa Diundang

Newswire
Rabu, 29 April 2020 - 22:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi social distancing untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19) bisa memicu stres dan perubahan hormon, bahkan mengundang jerawat pada wajah.

Jika ya, hal ini sebenarnya wajar. Adapun berbagai pemicu munculnya jerawat lantaran terlalu lama di rumah saja.

1. Tingkat stres yang tinggi

Selama di rumah saja, pikiran kita mungkin dipengaruhi oleh banyak hal. Ini termasuk berita tentang virus corona, keterbatasan ruang gerak, hingga minimnya aktivitas bertemu dengan banyak orang.

Direktur Kosmetik dan Riset Klinis di Mount Sinai Hospital di New York, Joshua Zeichner mengatakan bahwa itu menyebabkan jerawat muncul. “Stres dan produksi jerawat sangat berhubungan erat. Untuk itu, penting bagi kita mengelola stres selama di rumah saja,” katanya.

2. Konsumsi makanan secara bebas

Secara tidak sadar, konsumsi makanan selama di rumah saja pasti akan meningkat. Terlebih dengan minimnya kegiatan di rumah, banyak orang memang akan menghabiskan waktu mereka untuk jajan.

Sayangnya, camilan dan alkohol berkontribusi untuk mengejutkan sistem tubuh kita. Hasil akhirnya adalah kulit kemerahan dan jerawat. “Mengatasinya sangat sederhana. Mulailah mengawasi apa yang akan masuk ke mulut Anda,” kata ahli dermatologi dan pendiri Elina Organics Spas di Chicago, Elina Fedotova.

3. Kurangnya paparan sinar matahari

Tahukah Anda bahwa kulit juga membutuhkan sinar matahari? Ya, kandungan vitamin D dalam matahari sangat berperan penting untuk memperbaiki dan membangun kesehatan kulit. Tak heran akibat terlalu lama di rumah, kulit kita pun menjadi jerawatan.

Untuk itu, dokter kulit dan bintang TLC Sandra Lee mengimbau agar setiap orang bisa memanfaatkan taman di rumah guna berjemur. “Cobalah lakukan selama 30 menit sehari agar kulit kembali normal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro