Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WHO: Virus Corona Berawal dari Kelelawar, Hingga Kucing Rentan Terjangkiti

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus corona jenis baru alias Sars-CoV2 berasal dari sekelompok virus yang dimulai pada kelelawar.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 08 Mei 2020  |  18:32 WIB
Kelelawar - Antara
Kelelawar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus corona jenis baru alias Sars-CoV2 berasal dari sekelompok virus yang dimulai pada kelelawar.

“Namun, masih belum jelas hewan apa yang mungkin telah menularkannya ke manusia,” ungkap Peter Ben Embarek, seorang ahli penyakit hewan di WHO, dalam suatu briefing dengan awak media pada Jumat (8/5/2020).

“Virus itu mungkin tiba pada manusia melalui kontak dengan hewan saat beternak makanan, meskipun tidak jelas spesies mana,” tambahnya, dilansir dari Bloomberg.

Menurut Embarek, kucing dan musang rentan terhadap virus tersebut, sementara anjing memiliki tingkat kerentanan yang lebih rendah.

“Penting untuk menemukan hewan mana yang bisa dihinggapi virus itu guna menghindari menciptakan 'reservoir' pada spesies lain,” terangnya.

Ia memaparkan lebih lanjut bahwa kasus-kasus awal yang dialami manusia karena virus corona baru itu terdeteksi di dan sekitar kota Wuhan, China. Kebanyakan warga disebutnya memiliki kontak dengan pasar hewan.

Pertanyaan tentang asal-usul Sars-CoV2, virus yang menyebabkan pandemi Covid-19, semakin panas sejak Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa virus itu berasal dari sebuah laboratorium di China.

Sementara itu, para ilmuwan yang telah mempelajari masalah tersebut berpendapat bahwa virus itu berasal dari hewan, dan mungkin memasuki populasi manusia pada bulan November.

Direktur eksekutif program darurat kesehatan WHO Michael Ryan menekankan bahwa badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu "berulang kali mendengarkan banyak ilmuwan yang telah melihat urutan" dari virus tersebut.

"Kami yakin bahwa virus ini berasal dari alam," kata Ryan seperti dikutip Aljazeera.com.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top