/Bloomberg
Health

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 8 Mei 2020 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bayi menangis karena berbagai alasan. Terkadang mudah untuk menenangkan mereka: Yang diperlukan hanyalah memberi makan, bersendawa, mengganti popok atau suara tenang dan sentuhan lembut Anda.

Tetapi kemudian ada saat-saat lain ketika bayi Anda mungkin tampak tidak dapat dihibur, apa pun yang Anda lakukan. Bahkan mungkin cukup untuk membuat Anda menangis.

Tapi jangan kehilangan harapan. Pertama, cobalah untuk mengetahui jenis tangisan bayi dan menyingkirkan penyebab yang jelas (seperti popok kotor atau perut kosong) bersama dengan gejala penyakit yang memerlukan panggilan ke dokter, seperti demam atau pilek, atau tanda-tanda sakit, seperti gusi bengkak.

Masih punya bayi rewel di tangan Anda? Dikutip dari What to Expect, berikut 5 teknik yang telah teruji yang akan membantu menenangkan dan membuat Anda berdua merasa lebih baik.

1.Bedong Bayi Anda

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Membedong bayi Anda di selimut membuat bayi kecil Anda merasa nyaman dan aman. Para ahli berpikir bedong menenangkan bayi karena itu menciptakan perasaan seperti rahim. Banyak orang tua menemukan bedong membantu bayi mereka lebih cepat tenang dan tidur lebih lama.

Beberapa bayi lebih suka tangan mereka dibiarkan keluar dari tempat tidur, baik karena mereka menenangkan diri dengan mengisap jari-jari mereka atau hanya karena mereka menyukai kebebasan mereka. Anda dapat dengan mudah membiarkan lengan keluar dari tempat tidur dengan meletakkannya dengan tepi atas selimut di tingkat ketiak alih-alih di tingkat dagu.

2.Anjurkan Menyedot

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Bayi sering menenangkan diri dengan menghisap yang tidak bergizi, yang tidak mengisi perut mereka tetapi menenangkan saraf mereka. Jika bayi Anda menangis, bantu ia menemukan ibu jari, kepalan tangan atau jari, atau cukup tawarkan salah satu jari Anda sendiri untuk menjalankan tugas.

Binkies atau dot juga dapat melakukan trik ini, meskipun Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menunggu sampai pola menyusui terbentuk dengan baik sebelum memperkenalkannya.

3.Goyangkan Bayi di Kursi Goyang

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Meletakkan bayi di kursi goyang mungkin adalah salah satu ritual kehidupan yang tak lekang oleh waktu. Pola asuh modern juga menawarkan beberapa pilihan goyang bebas-genggam: Ketika bayi Anda rewel, pertimbangkan untuk menempatkannya di ayunan bayi otomatis, kursi goyang bergetar, atau buaian otomatis.

Pastikan untuk mengikuti instruksi keselamatan pabrikan mengenai batasan usia dan berat untuk perangkat ini. Dan cobalah untuk tidak membiarkan bayi Anda terbiasa tidur dalam kondisi bergoyang karena dia mungkin menjadi tergantung pada gerakan untuk tertidur dari waktu ke waktu.

Sebagai gantinya, biarkan dia sampai di ambang tidur, dan kemudian pindahkan dia ke tempat tidurnya.

4.Tenangkan dengan White Noise

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Beberapa bayi tenang dengan bunyi berdesis ritmis, yang mungkin mengingatkan mereka tentang rahim. Lihat apakah menyalakan penyedot debu, pengering rambut, atau kipas angin mungkin berfungsi untuk menghalangi suara acak yang dapat mengejutkan bayi Anda ketika dia mencoba menenangkan diri.

Atau, berinvestasi dalam mesin white-noise khusus atau ponsel. Jika Anda dalam keadaan darurat dan tidak memiliki gadget apa pun, coba tenangkan bayi Anda dengan suara "Shhhhhh ... shhhh ... shhhh ...".

5.Menghibur

5 Cara Menenangkan Bayi Ketika Rewel

Bahkan bayi muda bisa bosan - dan jika mereka melakukannya, itu dapat menyebabkan mereka rewel. Untuk membuat si kecil terhibur, cobalah menceritakan tindakan Anda, penuh dengan suara-suara konyol dan ekspresi animasi. Anda juga dapat mencoba duduk di lantai dengannya dan menunjukkan kepadanya bagaimana mainannya berputar dan berputar.

Beberapa bayi suka melihat dan mendengarkan Anda membaca buku papan berima sederhana, sementara yang lain mendapatkan cekikikan jika Anda menyalakan beberapa lagu dan menari bersama mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro