Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyakit Jantung Percepat Kematian Jika Terinfeksi Corona

Lebih dari setengah orang yang dirawat di ruang kritis saat ini adalah mereka yang memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah. "Pernah struk, lemah jantung, bengkak jantung, riwayat jantung," tambah Vito.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 09 Mei 2020  |  06:18 WIB
Jantung - Boldsky
Jantung - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Penderita jantung sebaiknya tetap menjaga imunitas saat pandemi virus corona. Pasalnya, risiko kematian jika sudah terinfeksi virus ini cukup tinggi.

Hal tersebut disampaikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito Anggarino Damay Sp. JP (K), M. Kes, FIHA, FICA, FAsCC. "Iya. Karena adanya Covid membuat jantung tidak stabil karena terinfeksi," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dia menerangkan lebih dari setengah orang yang dirawat di ruang kritis saat ini adalah mereka yang memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah. "Pernah struk, lemah jantung, bengkak jantung, riwayat jantung," tambah Vito.

Mereka dengan gangguan jantung bila terinfeksi, manifestasi penyakitnya jauh lebih berat. Jantung terkait erat dengan paru-paru karena jantung memiliki pembuluh darah langsung ke paru-paru.

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah yang disalurkan juga ke paru-paru. Sementara paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

"Ketika terinfeksi, akibatnya jantung kepayahan (bekerja memompa darah) kalo paru-paru sudah terinfeksi," tambahnya.

Lagi pula saat ini virus corona kata Vito juga dapat menyerang langsung ke jantung. Sebab reseptornya bukan hanya di paru-paruKarena reseptornya, bukan hanya di paru-paru namun juga di jantung. "Paru-paru bisa diserang jantung juga," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit jantung Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top