Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Tips Bagi Lansia Atasi Kebosanan Selama Pandemi Virus Corona

Newswire
Rabu, 20 Mei 2020 - 21:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para lansia atau orang-orang dengan usia di atas 65 tahun merupakan kelompok yang paling rentan terserang virus Corona (Covid-19).

Maka, lansia disarankan tidak keluar rumah. Namun, berada di rumah terus menerus tidaklah mudah untuk dilakukan.

Sebab, dengan diam di rumah bisa meningkatkan rasa bosan dan berbagai masalah kesehatan fisik maupun mental. Beberapa masalah yang akan dialami lansia adalah Sebut saja sakit punggung akibat duduk seharian atau stres karena tidak bisa keluar dan bertemu orang-orang.

Menyiasatinya, situs USA Today dan Parents.com pun memberikan tips agar para lansia tetap nyaman berada di rumah walau dalam waktu lama. Berikut adalah empat diantaranya:

1. Tetap terhubung lewat sambungan telepon atau video call

Kunci utama dari kebahagiaan para lansia adalah komunikasi. Entah dengan saudara atau teman-teman, percakapan yang panjang bisa memperbaiki suasana hati dan pikiran. Jadi saat Anda ingin bertemu dengan seseorang dan terhalang akibat imbauan jarak sosial (social distancing), maka ada baiknya tetap terkoneksi lewat telepon atau video call.

2. Aktif berolahraga

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, berolahraga juga penting untuk dilakukan. Jika orang dewasa dan anak-anak bisa melakukan olahraga apapun secara bebas, tentu tidak demikian bagi lansia lantaran segara keterbatasannya. Sebagai solusi, aktivitas fisik yang disarankan adalah jalan santai. Anda bisa berjalan di dalam rumah ataupun mengitari komplek rumah.

3. Menjalankan hobi

Jika Anda tinggal bersama lansia, pahami hobi mereka. Misalnya menjahit atau berkebun, Anda pun bisa membantu lansia untuk merealisasikan hobi tersebut. Kegiatan yang seru ini bisa menstimulasi otak dengan melepas hormon serotonin sehingga lebih bahagia dan ceria dalam menjalani hari, meski dihadapkan dengan kondisi tak menentu seperti saat ini.

4. Membaca buku

Tak seperti anak muda yang tergila-gila dengan internet, para lansia lebih menyukai aktivitas tradisional seperti membaca buku. Ini bisa berupa buku novel, ensiklopedia, biografi atau komik. Adapun seluruhnya dapat membantu menciptakan imajinasi hingga travelling melalui otak. Jadi ini bisa dijadikan alternatif yang membahagikan sekaligus mengatasi kebosanan bagi lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro