Jangan Lengah!! Putuskan rantai penyebaran Covid-19 #MediaLawanCovid-19
Fashion

Survei: Kaum Muda Yakin Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir Juni

Rezha Hadyan
Jumat, 22 Mei 2020 - 00:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Delapan puluh lima dari 100 kaum muda di Indonesia mengaku optimistis bahwa Pandemi Covid-19 akan berakhir Juni 2020, kendati secar psikologis mereka masih was-was dengan Virus Corona.

Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, tim produksi film KADET 1947 bersama dengan Jakpat.net menggelar survei daring untuk mengetahui bagaimana pandangan anak muda terhadap pandemi Covid-19 dan peranan mereka dalam membantu mengatasi krisis global.

Sebagai catatan, survei tersebut dilakukan secara terbatas kepada 505 anak muda berusia 16-35 tahun dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa, Sumatera, dan Kalimantan pada 15-17 Mei 2020.

Hasil survei yang diterima oleh Bisnis pada Kamis (21/5/2020) itu menunjukkan bahwa ternyata mayoritas responden, sekitar 85% atau setara dengan 433 anak muda menyatakan optimis bahwa pandemi di Indonesia akan berakhir di bulan Juni nanti. Di balik optimisme tersebut, bagaimana kondisi fisik dan emosional mereka sebenarnya, serta bagaimana para generasi muda berperan di tengah pandemi ini?

Adapun, dari aspek kondisi fisik, 67.52 persen anak muda berada dalam kondisi ‘baik’ dan 26.14 persen lainnya ‘sangat baik’. Namun demikian, secara emosional, 59.01% generasi muda merasa waspada dan 18.61 persen lainnya merasa cemas pada bulan Maret lalu yang merupakan bulan pertama munculnya Covid-19 di Indonesia.

Tren ini sedikit berbeda di bulan April, di mana jumlah anak muda yang merasa cemas meningkat jadi 23.17%, dan jumlah yang waspada turun menjadi 53.07%. Perubahan emosional ini diperkirakan karena jumlah pasien COVID-19 yang semakin meningkat dan banyaknya fakta tidak menyenangkan di lapangan seperti tenaga medis yang gugur saat bertugas.

Walaupun dibayangi kecemasan, generasi muda ini sudah memiliki kesadaran yang tinggi dalam menekan penyebaran virus COVID-19. 85.9% responden mengaku sudah rutin menggunakan masker, 80.2 persen sudah mengurangi aktivitas di luar, dan 79.01 persen sudah rutin mencuci tangan dan menggunakan antiseptik.

Temuan di atas bisa menjadi salah satu cerminan bahwa sebagian generasi muda terbukti mampu menyerap edukasi pencegahan virus yang selama ini digencarkan pemerintah dan tenaga kesehatan.

Generasi muda ini pun mengaku ‘aktif’ (34.26 persen) dan ‘sangat aktif’ (30.50 persen) mencari informasi dan ikut memerangi hoax. Sumber informasi yang jadi andalan yaitu media online, TV, dan kanal resmi resmi pemerintah. Hal ini juga menjadi pertanda positif, dimana sebagian generasi muda sudah peka dengan sumber informasi yang valid dan tidak mengandalkan sosial media atau grup Whatsapp semata.

Generasi muda ini juga punya berbagai cara untuk ikut berkontribusi bagi masyarakat. Yang paling banyak dilakukan adalah menyebarkan berita valid dan menangkal hoax, memberikan donasi uang, donasi barang nonmaterial, dan membantu dalam bentuk jasa seperti menjadi relawan di rumah sakit atau menjadi panitia Gugus Tugas Covid-19.

Selain turun tangan, aktivitas senggang yang paling diminati generasi muda selama di rumah adalah mengkonsumsi hiburan online seperti film dan konser dengan yang dipilih oleh 63.76 persen responden.

Kondisi lapangan di atas menunjukkan bahwa generasi muda cukup aktif membekali diri dengan informasi dan melakukan berbagai inisiatif bermanfaat. Ternyata kesadaran tersebut memang sudah terbentuk, terbukti sebanyak 77.82 persen responden yakin bahwa peran generasi muda ‘sangat penting’ untuk mengatasi masalah ini

Di sisi lain, meskipun 85 persen generasi muda mengaku optimisis (44.95 persen ‘optimis’, 40.79 persen ‘sangat optimistis’) bahwa pandemi segera berakhir bulan Juni nanti. Namun, masih ada sekitar 14 persen lainnya yang mengaku ‘kurang optimis’ dan bahkan ‘tidak optimis’.

Dari mereka yang merasa pesimistis, 69.44 persen diantaranya sepakat bahwa masyarakat adalah pihak yang perlu meningkatkan perannya, disusul ekspektasi ke pemerintah pusat sebesar 20.83 persen.

Opini ini diprediksi berangkat dari perilaku masyarakat akhir-akhir ini yang mulai mengabaikan anjuran social distancing. Maka tidak heran jika generasi muda berharap masyarakat bersikap lebih kooperatif agar tidak memperluas penyebaran virus.

Produser Film KADET 1947 Celerina Judisari mengatakan survei diatas sejalan dengan misi film KADET 1947 yang ingin memberikan semangat juang bagi generasi muda, survei ini kami lakukan untuk mengetahui keadaan generasi muda di berbagai daerah selama periode pembatasan sosial ini.

“Sekaligus ingin menggali bagaimana sebetulnya optimisme mereka tentang masa depan Indonesia setelah pandemi. Apalagi sekarang momen Hari Kebangkitan Nasional, semangat dan kontribusi pemuda semakin dibutuhkan untuk menghadapi krisis ini,” tuturnya.

Produser Film KADET 1947 Tesadesrada Ryza menambahkan temuan dari survei ini diharapkan dapat bermanfaat bagi banyak pihak dan generasi muda khususnya, untuk sama-sama memikirkan langkah apa yang selanjutnya perlu diambil sesuai dengan talenta atau potensi yang dimiliki, kemudian turut bergerak dan berkolaborasi untuk mengatasi krisis ini.

“Optimisme tinggi para pemuda ini juga menjadi pemacu semangat bagi kami untuk bisa segera menghadirkan film KADET 1947 di tengah masyarakat,” tegasnya.

Melihat fakta bahwa tingginya tingkat konsumsi generasi muda pada konten film, Celerina dan Ryza berharap film KADET 1947 nantinya dapat menjadi medium bagi generasi muda untuk berkaca dari perjuangan generasi muda bagi Indonesia di masa lalu. Film KADET 1947 bercerita tentang sekelompok Kadet Angkatan Udara yang melakukan serangan udara pertama ke para tentara Belanda di masa-masa Agresi Militer Belanda saat itu.

Saat ini, film KADET 1947 sedang menunggu situasi kondusif untuk melanjutkan produksi film kembali setelah tertunda pandemik. Film ini merupakan karya dari Temata Studios dan didukung oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro