Rayakan Lebaran di rumah/Najua Yanti
Fashion

5 Tips Khusyuk Ramadan Saat di Rumah Saja

Desyinta Nuraini
Sabtu, 23 Mei 2020 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Umat muslim di seluruh dunia tampaknya tengah bersedih. Virus corona atau Covid-19 telah membatasi gerak untuk melakukan aktivitas ibadah di luar rumah.

Kendati demikian, kekhusyukan menjalani ibadah di bulan suci ini nyatanya tetap bisa dilakukan walaupun di rumah saja. Berikut 5 tips dari dosen Islam, Ismail Bullock, dilansir dari The National:

1. Manfaatkan waktu di rumah

"Ramadan secara harfiah adalah bulan Al-Quran," kata Bullock. Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menurutnya memberi banyak waktu bagi umat muslim untuk fokus membaca Al-Quran.

2. Tetap laksanakan tarawih

Bullock menilai tarawih tetap bisa dilakukan di rumah. Pertahankan aspek spiritual Ramadhan dengan mengadakan salat tarawih dan doa bersama di rumah bersama anggota keluarga.

3. Terhubung dengan keluarga

Bulan suci adalah kesempatan untuk berhubungan kembali dengan kerabat dan bahkan jika Anda tidak dapat melihat mereka secara langsung, Anda masih dapat menggunakan teknologi untuk memperkuat ikatan tersebut.

4. Donasi untuk amal

Masih ada banyak pilihan ketika melakukan tindakan amal selama bulan suci. Misalnya, ikut berdonasi menyediakan makanan bagi mereka yang kurang mampu.

5. Jangan panik tentang puasa

Bullock mengakui bahwa orang mungkin merasa lebih gugup tentang puasa tahun ini, khawatir itu mungkin membuat mereka lebih rentan terhadap virus. "Kita tahu, secara umum, ketika Anda berpuasa meningkatkan sistem kekebalan Anda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro