Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Tips Khusyuk Ramadan Saat di Rumah Saja

Kekhusyukan Ramadan bisa tetap dirasakan meskipun masyarakat merayakan dengan ibadah di dalam rumah, tanpa bisa bersilaturahmi ke rumah saudara.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  08:15 WIB
Rayakan Lebaran di rumah - Najua Yanti
Rayakan Lebaran di rumah - Najua Yanti

Bisnis.com, JAKARTA - Umat muslim di seluruh dunia tampaknya tengah bersedih. Virus corona atau Covid-19 telah membatasi gerak untuk melakukan aktivitas ibadah di luar rumah.

Kendati demikian, kekhusyukan menjalani ibadah di bulan suci ini nyatanya tetap bisa dilakukan walaupun di rumah saja. Berikut 5 tips dari dosen Islam, Ismail Bullock, dilansir dari The National:

1. Manfaatkan waktu di rumah

"Ramadan secara harfiah adalah bulan Al-Quran," kata Bullock. Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menurutnya memberi banyak waktu bagi umat muslim untuk fokus membaca Al-Quran.

2. Tetap laksanakan tarawih

Bullock menilai tarawih tetap bisa dilakukan di rumah. Pertahankan aspek spiritual Ramadhan dengan mengadakan salat tarawih dan doa bersama di rumah bersama anggota keluarga.

3. Terhubung dengan keluarga

Bulan suci adalah kesempatan untuk berhubungan kembali dengan kerabat dan bahkan jika Anda tidak dapat melihat mereka secara langsung, Anda masih dapat menggunakan teknologi untuk memperkuat ikatan tersebut.

4. Donasi untuk amal

Masih ada banyak pilihan ketika melakukan tindakan amal selama bulan suci. Misalnya, ikut berdonasi menyediakan makanan bagi mereka yang kurang mampu.

5. Jangan panik tentang puasa

Bullock mengakui bahwa orang mungkin merasa lebih gugup tentang puasa tahun ini, khawatir itu mungkin membuat mereka lebih rentan terhadap virus. "Kita tahu, secara umum, ketika Anda berpuasa meningkatkan sistem kekebalan Anda," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran Ramadan puasa ramadan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top