Ilustrasi/REUTERS-Navesh Chitrakar
Relationship

Ini 10 Manfaat Penting Bersilaturahmi Saat Lebaran

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Senin, 25 Mei 2020 - 00:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Silaturahmi menjadi salah satu momen andalan untuk menguatkan tali persaudaraan dan keharmonisan dengan orang sekitar kita, terutama pada saat Hari Raya Idulfitri.

Namun akibat pandemi Covid-19, silaturahmi dengan keluarga tahun ini tertunda karena pembatasan sosial. Selain itu, silaturahmi tahun ini juga sangat terbatas karena kita tidak bisa bersalam-salaman dengan keluarga dan kerabat.

Berikut 10 manfaat silahturahmi yang tetap harus dijaga selama masa pandemi ini dengan mengandalkan beragam platform.

1. Mempererat Tali Persaudaraan

Momen silaturahmi Lebaran yakni berkumpul bersama anggota keluarga besar memang bertujuan mempererat tali persaudaraan. Mungkin saja Anda tinggal jauh dengan saudara, atau mungkin sudah lama tidak bertemu dan jarang berbicara.

Maka, biasanya kita menggunakan waktu silaturahmi saat Lebaran untuk memperbaiki hubungan persaudaraan ini. Nah, guna mengatasi masalah tidak bisa berjumpa secara langsung karena pandemi, Anda bisa memanfaatkan teknologi video call dengan menggunakan laptop atau handphone, serta pastikan internet lancar di rumah masing-masing.

2. Mengenal Anggota Keluarga Baru

Dalam satu tahun, ada banyak kejadian yang mungkin tidak Anda sadari seperti pernikahan dan kelahiran. Ini waktu bagi Anda untuk memperluas koneksi antara persahabatan dan persaudaraan lebih dalam. Saat Anda bertamu ke rumah saudara ataupun tetangga, maka Anda juga berpeluang bertemu dengan orang baru.

3. Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Silaturahmi merupakan sebuah perintah dari Allah SWT kepada umat manusia. Seperti yang disebut oleh sabda Rasulullah:

“Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya,” tertulis dalam Hadis Riwayat Ahmad.

Ayat ini menegaskan, Tuhan tidak segan memutuskan hubungan bagi mereka yang juga memutuskan tali silaturahmi. Sebaliknya, Dia menjanjikan pahala kepada mereka yang menjaga keutuhan tali persahabatan dan persaudaraan.

4. Melancarkan Rezeki

Silaturahmi diyakini juga akan melancarkan dan menambah rezeki Anda jika dilakukan dengan sepenuh hati. Hal ini pun tercantum dalam sabda Rasulullah;

“Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi,” tulis Hadis Riwayat Tirmidzi.

Momen silaturahmi bisa Anda gunakan untuk menolong kerabat yang mungkin membutuhkan bantuan. Tuhan tentu menjanjikan pahala yang besar, keberkahan harta, bagi mereka yang membantu sesama, bahkan lebih melimpah dibandingkan bersedekah untuk fakir miskin.

5. Kunci Menuju Surga

Silaturahmi sebagai perintah Tuhan menandakan hal ini adalah kewajiban yang menjadi satu langkah lebih dekat dengan surga dan dijauhkan dari panasnya api neraka. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim berbunyi; “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.”

6. Memperpanjang Usia

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan al-Bukhari, bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bersilaturahim.”

Selain memperluas rezeki, Allah SWT juga menjanjikan penangguhan ajal. Ajal juga bisa diartikan jejak. Ajal atau jejak mengikuti umur manusia, karena orang yang sudah meninggal tidak meninggalkan jejak di muka bumi. Dengan demikian seseorang yang taat menjalani silaturahmi, juga akan diperpanjang umurnya.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Bersilaturahmi bisa juga untuk menjaga kesehatan mental. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan sesama untuk menjalani kehidupan. Oleh sebab itu, silaturahmi saat Lebaran merupakan kesempatan untuk bertukaran cerita, menanyakan keadaan hidup, dan menjalani berbagai kegiatan seru bersama. Hal-hal kecil ini secara tidak langsung memperbaiki mood dan mengurangi stres.

8. Memperluas Ilmu dan Hikmah Hidup

Pertemuan dan berinteraksi dengan orang membuat kita mendapatkan berbagai hikmah dan gagasan atau ilmu yang baru. Rutin memperbaharui ilmu maka kita dapat mendapatkan pencerahan mengenai cara pandang dan rasa empati. Dengan begitu segala persoalan dapat diselesaikan dengan akal bijak.

9. Menunjukkan Keimanan dan Kesalehan Pada Tuhan

Salah satu cara untuk menunjukkan iman kita sebagai hamba-Nya yang setia adalah dengan menjalani silaturahmi. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA; “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.”

10. Menggugurkan Dosa

Silaturahmi menjauhkan Anda dari dosa perselisihan dan meluruskan kesalahpahaman. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro