Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (UMI) membuat produk hand sanitizer atau pembersih tangan dari tanaman herbal di kampus UMI Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/3/2020). Pembuatan hand sanitizer dari bahan herbal seperti dari tanaman lidah buaya dan kulit buah jeruk yang dinilai baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh tersebut dibuat untuk mengatasi kelangkaan sejumlah produk kesehatan akibat merebaknya Virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.
Health

Ini Cara Menggunakan Hand Sanitizer Saat New Normal

Newswire
Kamis, 4 Juni 2020 - 06:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hand sanitizer mampu memecah mikroorganisme kecil dan menjadi produk yang tak terlupakan saat Anda hendak ke luar rumah, khususnya saat new normal.

Spesialis penyakit menular di Providence Saint John's Health Center, Andres Romero mengungkapkan bahwa hand sanitizer berbasis alkohol bekerja dengan memecah mikroorganisme kecil di tangan Anda. Alkohol dalam hand sanitizer memecah lemak, yang merupakan komponen utama dalam membran organisme.

Sederhananya, selaput itu melindungi virus, memastikan itu akan bertahan cukup lama untuk membuat Anda sakit. Ketika Anda menggunakan pembersih tangan, gelembung pelindung itu muncul, membunuh kuman.

Hal pertama menurut CDC, kontribusi pasti dari menggunakan pembersih tangan untuk mencegah penyebaran virus corona masih belum diketahui, namun data menunjukkan bahwa hand sanitizer berbasis alkohol dalam konsentrasi yang tepat dapat menonaktifkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

“Solusi alkohol yang mengandung 60 hingga 95 persen alkohol adalah yang paling efektif,” kata Romero seperti dilansir dari laman Instyle, seraya menambahkan bahwa hand sanitizer ini biasanya membawa komponen air yang juga membantu memecah kuman virus dan/ atau bakteri di tangan Anda.

Hand sanitizer tidak efektif untuk semua bakteri dan virus, jelas Christina Wojewoda, juru bicara College of American Pathologists. Misalnya, bakteri yang membuat spora - seperti C. diff, yang merupakan bakteri yang menyebabkan diare dan kolitis - tidak terbunuh oleh pembersih tangan. 

Hand sanitizer juga tidak bisa membunuh norovirus, serangga perut yang sangat menular. Sebagai gantinya, CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah setiap kali Anda menyentuh virus , serta membersihkan permukaan yang telah terkena norovirus dengan pemutih dan air. larutan.

Selain itu, "Hand sanitizer tidak berfungsi jika tangan Anda terlihat kotor, jika Anda telah menangani makanan yang terkontaminasi, atau jika Anda memiliki bahan kimia berbahaya seperti pestisida di tangan Anda," kata Dr. Wojewoda. "Saya selalu merekomendasikan mencuci tangan dengan sabun dan air, dan jika itu tidak tersedia, maka Anda dapat beralih ke hand sanitizer."

“Anda harus mencuci tangan sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah merawat seseorang yang sakit, setelah menggunakan toilet (atau merawat seseorang yang pergi ke kamar mandi), setelah menutup hidung, batuk atau bersin, merawat hewan peliharaan, dan menyentuh sampah, ”katanya.

Hand sanitizer berbasis alkohol dapat membantu Anda menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain, tetapi penting untuk menggunakannya dengan cara yang benar agar mereka dapat bekerja.

Pastikan Anda memeriksa label untuk melihat berapa banyak yang harus Anda gunakan karena jumlahnya bervariasi berdasarkan merek, kata Wojewoda.

Intinya: Hand sanitizer adalah cara tepat di saat itu untuk membersihkan tangan Anda setelah bersentuhan dengan apa yang Dr. Romero sebut permukaan "beban tinggi", misalnya pegangan pintu. Pastikan Anda menggunakan cukup produk dan tidak menyeka sebelum dikeringkan. Dan begitu Anda berada di tempat di mana sabun dan air berguna, luangkan waktu sejenak untuk mencuci tangan, memusnahkan semua kuman yang mungkin masih berkeliaran.

Satu catatan terakhir: Hand sanitizer memiliki masa simpan sekitar tiga tahun, jadi pastikan untuk memeriksa bahwa barang Anda belum kadaluarsa. Juga tidak boleh disimpan dalam suhu di atas 45 derajat Celcius, jadi jangan tinggalkan di mobil Anda selama bulan-bulan musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro