Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tahap Penting Ketika Anak Belajar di Rumah

Untuk mengatasi kerumitan itu Indra menyatakan ada empat tahap yang harus dilakukan dalam proses belajar dari rumah.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  15:35 WIB
4 Tahap Penting Ketika Anak Belajar di Rumah
Home schooling -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Belajar dari rumah masih belum umum di Indonesia, tak heran ketika pandemi Covid-19 mengepung, banyak kegagapan yang dialami para pemangku kepentingan dunia pendidikan.

Pakar Pendidikan, Indra Charismiadji menjelaskan banyak evaluasi penting dari praktek belajar dari rumah yang hampir dua bulan berlangsung.

Dia menegaskan, tenaga pendidik seharusnya jangan terlampau fokus pada penyampaian materi. Indra menyebut, hal ini justru bisa memicu peserta didik tak cukup menyerap cara belajar baru ini.

Dia pun mengkritik, masih banyak keluhan dari orang tua bahwa peserta didik menerima beban tugas yang banyak.

Dia menyebut banyak tugas dari guru tidak tepat sasaran dalam merespon tantangan belajar dari rumah, karena pemberian tugas tanpa tujuan yang jelas menjadi sia-sia.

“Kadang guru-guru masih bingung mau buat apa. Ini harus diakui kualitas guru-guru kita rendah, dan membuat mutu pendidikan kita menjadi salah satu yang terburuk di dunia,” ungkap Indra kepada Bisnis sata dihubungi beberapa waktu yang lalu.

Dia mengutip dari data Centre for Economics Education Inggris (2018) yang sudah menyebutkan, bahwa anak Indonesia baru siap menghadapi tantangan abad-21, nanti, pada abad ke-31.

Artinya, anak Indonesia masih jauh dari tuntutan zaman sehingga segenap pemangku kepentingan harus marathon merespon perubahan dan pola hidup normal baru ini.

“Kita terlalu lambat, dan mungkin selama pandemi ini langkah strategis dari pemerintah masih jauh dari optimal. Sarana belajar TVRI dan RRI berjalan setelah 1 bulan pandemi, ini bentuk ketidaksiapan,” sambungnya.

Indra juga menyayangkan tidak ada panduan membimbing anak selama belajar dari rumah yang dikeluarkan khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia. Begitupun bagi tenaga pendidik yang tak mendapatkan akses bimbingan sehingga menimbulkan kebingungan dalam proses implementasi.

Untuk mengatasi kerumitan itu Indra menyatakan ada empat tahap yang harus dilakukan dalam proses belajar dari rumah.

Pertama, belajar untuk mengetahui bagaimana caranya jika anak-anak ingin mengetahui tentang sesuatu. Misal lewat internet, buku, pakar, interview.

Kedua, belajar melakukan sesuatu dengan medium yang sama, termasuk dari orang tua.

Ketiga, belajar untuk menjadi sesuatu melalui sejarah yang juga bisa diakses dari dokumen di internet.

Keempat, belajar untuk hidup bersama bisa melalui sosial media juga. Tujuannya, agar peserta didik memiliki kepedulian pada kondisi yang sedang terjadi.

“Dengan bersama-sama, belajar yang sama, materi yang sama. Namun semua harus on demand, tergantung mereka sendiri, minat mereka, jadi anak menjadi subyek,” kata Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan belajar di rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top