Pijat bayi/maisiepopins.com
Health

Manfaat Tersembunyi Pijatan Bayi

Dewi Andriani
Senin, 8 Juni 2020 - 18:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sentuhan cinta kepada bayi melalui ritual pijat ternyata memiliki banyak manfaat, tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga tumbuh kembang bayi, baik secara emosional maupun secara fisik.

Dokter Spesialis Anak Bernie Endyarni Medise menjelaskan pijatan yang dilakukan dalam masa periode emas atau 1.000 hari pertama kehidupan menjadi salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan orang tua kepada buah hatinya.

Stimulasi sendiri merupakan aktivitas yang dilakukan setiap hari untuk merangsang semua sistem indra bayi, baik pendengaran, penghlihatan, perabaan, penciuman, dan pengecapan.

Dengan dilakukannya stimulasi secara terus menerus dengan beragam cara, maka dapat mendorong perkembangan bayi menjadi lebih cepat.

Selain itu, stimulasi pada bayi juga dapat meningkatkan berbagai aspek keterampilan anak, baik emosional, sensorik maupun motorik serta membantu perkembangan sistem saraf pada bayi.

Lebih lanjut Bernie mengatakan bahwa pijatan yang dilakukan secara rutin, dapat membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara optimal karena banyaknya manfaat yang didapat seperti, memperlancar peredaran darah dan memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan.

Pijatan pada bayi juga dapat membuatnya mampu mencerna dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi; membantu bayi untuk relaksasi sehingga bayi dapat tidur lebih nyenyak dan lama; membantu meredakan ketidaknyamanan di saat mengalami kolik atau sedang tumbuh gigi; memperkuat massa tulang; dan meningkatkan kekebalan tubuh.”

“Selain itu, pijat bayi juga dapat memperkuat ikatan emosional bayi dengan orantua karena melalui pijat bayi maka hormon oksitosin bayi dan ibu meningkat. Hormon oksitosin adalah hormon yang membuat manusia merasa nyaman dan dicintai. Sehingga, pijat bayi tidak hanya memberi manfaat yang besar terhadap bayi itu saja, melainkan juga terhadap si ibu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro