Tenaga medis penanganan Covid-19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa
Health

Penularan Virus Corona Baru Lebih Tinggi 20 Kali Dibanding SARS

Newswire
Selasa, 9 Juni 2020 - 22:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro menuturkan virus SARS-CoV-2 (merupakan keluarga besar virus corona) penyebab Covid-19 memiliki daya penyebaran 20 kali lebih tinggi dibandingkan virus SARS.

"Virus Covid-19 ini daya penyebarannya 20 kalinya SARS, jadi sangat menular," kata Menristek Bambang dalam gelar wicara virtual, Jakarta, Selasa (9/6/2020). Virus SARS-CoV-2 dan SARS merupakan keluarga besar dari virus corona.

Dengan memperhatikan tingginya daya penularan virus SARS-CoV-2, maka sejumlah negara di dunia melakukan upaya pengurangan kontak manusia seperti melalui penerapan lockdown, dan Indonesia memberlakukan pembatasan sosial berskala besar.

Penyakit Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2 dapat menular melalui droplet, dan bisa ditularkan oleh orang tanpa gejala.

Saat ini berbagai inovasi terus dikembangkan untuk penanggulangan Covid-19 di Indonesia di antaranya untuk alat kesehatan, suplemen, perangkat tes cepat, perangkat uji PCR, laboratorium biosafety level 2 bergerak, dan alat sterilisasi.

Menristek  mengatakan suplemen atau imunomodulator atau obat peningkat daya tahan tubuh sedang dalam tahap uji klinis di Rumah Sakit Penanganan Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Dia berharap suplemen atau imunomodulator yang diujicobakan itu bisa menjadi suplemen yang cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro