Penumpang berada di dalam kereta MRT di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Relationship

Studi : Orang Yang Abai Social Distancing, Punya Kecenderungan Psikopat

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 10 Juni 2020 - 14:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika berita orang menjilati kursi toilet dan sengaja meludahi orang lain selama pandemi virus corona membuat Anda heran, sebuah studi baru tentang psikologi perilaku pandemi bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apa yang memotivasi perilaku mereka.

Studi ini, pra-cetak peer-review yang akan segera diterbitkan dalam jurnal Sosial Psikologi dan Ilmu Kepribadian, meminta 502 orang untuk menjawab pertanyaan online tentang seberapa sering mereka mengikuti pedoman kesehatan selama pandemi virus corona. Jika mereka berencana untuk mengikuti pedoman yang akan datang dan apa yang akan mereka lakukan jika mereka didiagnosis dengan COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru.

Para peneliti juga mengajukan pertanyaan terkait kepribadian untuk menentukan sejauh mana skala peserta survei untuk hati nurani, kerja sama, neuroticism, kecenderungan untuk mengambil risiko, kekejaman, dan kurangnya kontrol diri.

Jika peserta menjawab pertanyaan dengan cara yang menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat neurotisme yang rendah, kecenderungan untuk mengambil risiko, kekejaman, dan kurangnya pengendalian diri yang rendah, mereka lebih cenderung mengikuti pedoman social distancing, tetapi jika mereka mendapat nilai tinggi dalam sifat-sifat ini, mereka kurang cenderung mengikuti pedoman.

Penulis studi Pavel Blagov mengatakan sifat-sifat ini juga merupakan sifat psikopat yang umum. "Saya tahu bahwa sifat-sifat dari apa yang disebut Triad Kegelapan (narsisme, machiavellianisme dan psikopati) serta sifat-sifat yang termasuk dalam psikopati, terkait dengan perilaku berisiko kesehatan dan masalah kesehatan, dan saya berharap mereka terlibat dalam perilaku kesehatan selama pandemi,” ujarnya dikutip dari Insider.com, Rabu (10/6/2020).

Memang, penelitiannya menunjukkan korelasi kecil antara sifat-sifat psikopat dan mengabaikan kebijakan kesehatan masyarakat pandemi memang ada. Orang yang mengaku mengabaikan pedoman kesehatan mungkin melakukannya dengan sengaja.

Blagov mengatakan mayoritas peserta survei mengatakan mereka mengikuti pedoman kesehatan virus corona. Tetapi mereka yang tidak mengikuti pedoman menjawab pertanyaan survei dengan cara yang menyarankan mereka dengan sengaja dan sengaja mengabaikan saran keselamatan.

Sebagai contoh, peserta studi yang mendapat nilai tinggi pada sifat-sifat seperti kekejaman dan kurangnya kontrol diri juga mengatakan mereka tidak mengikuti praktik social distancing dan kebersihan seperti mencuci tangan.

Blagov mengatakan temuan ini menyangkut dari perspektif kesehatan masyarakat. "Salah satu implikasi potensial dari penelitian ini adalah bahwa mungkin ada minoritas orang dengan gaya kepribadian tertentu (pada spektrum narsisme dan psikopat) yang memiliki dampak yang tidak proporsional pada pandemi dengan gagal melindungi diri sendiri dan orang lain," katanya.

Tentu saja, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Sampel penelitian hanya berisi orang dewasa AS, sehingga temuan ini tidak mewakili kepercayaan seluruh populasi dan psikologi yang mendasari tentang praktik keselamatan pandemi.

Sifat survei yang dilaporkan sendiri mungkin juga dapat memberikan hasil yang miring, meskipun Blagov mengatakan itu dilakukan pada bulan Maret ketika pandemi meningkat, dan karena itu mungkin menghilangkan beberapa bias sosial di sekitar perilaku keselamatan.

Selain itu, Blagov mengatakan studinya hanya menunjukkan korelasi kecil antara sifat-sifat kepribadian dan perilaku terkait pandemi, dan kemungkinan orang yang tidak memiliki sifat psikopat juga mengabaikan pedoman kesehatan. "Hasilnya tidak berarti bahwa penyakit virus disebarkan hanya oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak pengertian," kata Blagov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro