Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

Waspada, Pendengaran Menurun Bisa Jadi Gejala Diabetes

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 11 Juni 2020 - 13:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 jarang merupakan gangguan pada tahap awal sehingga sering tidak terdeteksi. Namun, ketika kondisi ini berlanjut, ia mengganggu proses vital dan satu tanda dikaitkan dengan pendengaran Anda.

Diabetes tipe 2 adalah cara lain untuk mengatakan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik dan sesuatu harus berubah. Singkatnya, ini menandakan bahwa pankreas Anda tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh Anda menjadi kebal terhadap hormon. Insulin adalah bahan kimia yang mengatur gula darah, gula utama yang ditemukan dalam darah Anda.

Tanpa efek moderat ini, kadar gula darah terus meningkat. Meningkatnya kadar gula darah dapat secara serius merusak bagian tubuh Anda, termasuk kaki dan mata Anda. Ketika proses destruktif ini terjadi, Anda mungkin mengalami berbagai gejala yang mengganggu. Satu tanda dikaitkan dengan pendengaran Anda.

Bukti menunjukkan bahwa gangguan pendengaran dapat menandakan diabetes tipe 2. Dikutip dari Express.co.uk, Kamis (11/6/2020), faktanya, sebuah penelitian oleh Institut Kesehatan Nasional AS (NIH) yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, menemukan hubungan yang kuat dan konsisten antara gangguan pendengaran dan diabetes.

Setelah menganalisis hasil tes pendengaran yang diberikan kepada sampel orang dewasa usia kerja yang representatif secara nasional di Amerika, para peneliti menemukan peserta dengan diabetes atau pra-diabetes lebih cenderung memiliki setidaknya gangguan pendengaran ringan dalam kemampuan mereka untuk mendengar suara rendah. nada frekuensi menengah dan tinggi dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Lebih lanjut, para peneliti dari Pusat Medis Rumah Sakit Universitas Tsukuba di Ibaraki, Jepang, menemukan bahwa gangguan pendengaran lebih dari dua kali lebih umum pada diabetisi daripada di non-penderita diabetes. Tim mempelajari hasil dari 13 studi yang melibatkan hampir 8.800 orang dengan gangguan pendengaran dan 23.839 orang tanpa gangguan pendengaran.

Dari mereka yang memiliki masalah pendengaran, mereka menemukan lebih dari 1.000 memiliki diabetes, dibandingkan dengan hanya di bawah 2.500 dari mereka yang memiliki pendengaran normal, menunjukkan bahwa pasien diabetes 2,3 kali lebih mungkin menderita gangguan pendengaran ringan.

Menurut Diabetes.co.uk, tidak diketahui secara pasti mengapa gangguan pendengaran lebih umum di antara orang dengan diabetes, meskipun studi otopsi pasien diabetes menunjukkan hubungan ini disebabkan oleh neuropati (kerusakan saraf), yang merupakan komplikasi umum dari kedua tipe 1. dan diabetes tipe 2.

"Para peneliti percaya kadar glukosa darah tinggi yang berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan memengaruhi pasokan darah atau oksigen ke saraf kecil dan pembuluh darah telinga bagian dalam," jelas badan kesehatan itu.

Seiring waktu, saraf dan pembuluh darah menjadi rusak, memengaruhi kemampuan seseorang untuk mendengar. Jika gangguan pendengaran Anda adalah akibat dari diabetes dan kadar gula darah yang tinggi, perawatan sebagian akan fokus pada menurunkan kadar gula darah Anda.

Ada dua komponen utama untuk menstabilkan kadar gula darah. Makan makanan yang sehat dan seimbang yang menghindari makanan dan minuman yang membuat kadar gula darah Anda melambung tinggi merupakan hal yang tidak terpisahkan.

Mengikuti prinsip-prinsip umum dari diet sehat, seperti banyak buah dan sayuran dan mengurangi gula harus cukup. Salah satu peringatan utama adalah mengurangi karbohidrat. Karbohidrat dipecah menjadi gula darah relatif cepat dan karena itu memiliki efek yang lebih nyata pada kadar gula darah daripada lemak atau protein.

Komponen kunci lainnya adalah secara teratur melakukan latihan intensitas sedang. NHS mengatakan bertujuan untuk setidaknya 2,5 jam latihan intensitas sedang seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro