Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Protokol Berkunjung ke Aeon Mal di Era New Normal

Aeon Mall BSD City dan Aeon Jakarta Garden City yang dikelola oleh PT Aeon Mall Indonesia merupakan dua dari sejumlah pusat perbelanjaan yang telah memulai kembali aktivitasnya.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  20:07 WIB
AEON Mall Garden City
AEON Mall Garden City

Bisnis.com, JAKARTA – Pascapelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sejumlah pusat perbelanjaan mulai dibuka memasuki masa transisi menuju kenormalan baru, setelah hampir tiga bulan harus ditutup akibat wabah covid-19.

Aeon Mall BSD City dan Aeon Jakarta Garden City yang dikelola oleh PT Aeon Mall Indonesia merupakan dua dari sejumlah pusat perbelanjaan yang telah memulai kembali aktivitasnya.

Windy Bharata, General Manager Operation AEON Mall Indonesia mengatakan dalam pembukaan kembali mall yang dikelolanya, Aeon sangat mengutamakan kesehatan dan keselamatan publik seiring dengan tuntutan mengubah keseharian dengan lebih peduli pada kebersihan.

Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan tenant dan pengunjung bahwa kondisi mall dalam keadaan aman sehingga semangat untuk berbisnis di dalam mal akan bangkit kembali.
“Disiplin menjadi kunci sebagai jalan tengah hidup dengan kebiasaan baru, kepatuhan pada protokol kesehatan Covid-19 menjadi syarat mutlak dalam beraktivitas di ruang publik. Untuk transaksi di mall juga akan meningkat secara bertahap sehingga tidak ada euphoria yang sangat tinggi,” ujarnya.

Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga protokol kesehatan mulai dari pengelolaan sistem tata udara serta pembersihan dengan disinfektan secara teratur di seluruh area dalam dan luar gedung yang sering tersentuh hingga menginformasikan penggunaan masker, face shield, dan hand sanitizer untuk semua tenant.

Selain itu, pihak mall juga sudah menyiapkan pemeriksaan sebelum memasuki gedung bagi para customer, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat celcius. Pengecekan serupa juga diterapkan bagi para staf dan pekerja tenant.

Pihak pengelola juga menyediakan hand sanitizer di setiap pintu masuk, keharusan menggunakan masker bagi setiap pengunjung.

“Pengunjung yang akan masuk harus melalui tahapan, kita berlakukan sistem antrian di depan pintu masuk dengan jarak minimal 1 meter, kemudian pengunjung akan diukur suhu tubuhnya dan memakai hand sanitizer. Kami juga sudah menyiapkan vending machine bagi pengunjung untuk membeli masker, face shield, atau hand sanitizer,” terangnya.

Untuk memastikan penerapan jaga jarak, berbagai petunjuk telah disebar di seluruh area mal, termasuk memastikan pembatasan jumlah pengunjung 1 orang dalam 4 meter persegi. Pembatasan jumlah pengunjung selalu dimonitor dengan People Counting System yang kemudian diinformasikan melalui LED besar di setiap AEON Mall.

Meski mall sudah dibuka, tetapi masih ada beberapa kategori tenant yang belum diperbolehkan seperti gym, refleksiologi, barber shop, atau salon.

“Kategori itu untuk sementara belum boleh dibuka, tapi untuk tenant-tenant yang lain juga hampir sama misalnya di F&B ini yang tadinya mereka berharap bisa buka untuk dine in, tapi peraturannya belum turun dari bupati, terutama untuk yang di Tangerang,” tuturnya.

Sementara itu, President Director Aeon Mall Indonesia Daisuke Isobe menyatakan setelah tiga bulan Aeon Mall BSD City dan Aeon Mall JGC ditutup, kini pihaknya siap untuk beradaptasi dengan norma-norma baru.

“Kami senantiasa berupaya maksimal untuk menghadirkan lingkungan yang aman demi kenyamanan para pelanggan, saat pembukaan kembali di AEON Mall BSD City dan AEON Mall JGC,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aeon mall New Normal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top