Ilustrasi/Wisegeek
Health

Tips Agar Tidak Pegal karena Terlalu Banyak Duduk saat WFH

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Juli 2020 - 06:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kadang-kadang kita terasa pegal dan badan tidak nyaman saat menggunakan komputer.

Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh posisi duduk yang salah. Nah, agar kamu tetap nyaman dan postur terjaga, perhatikan posisi duduk yang benar ya. Berikut tipsnya seperti dikutip dari akun twitter Kominfo:

1. Posisikan pandangan sejajar dengan layar monitor
2. Letakan kaki sejajar dan biarkan menapak
3. Duduk dengan tegak menggunakan kursi yang ergonomis
4. Biarkan siku rileks dan terbuka membentuk huruf L
5. Jangan duduk terlalu lama dan regangkan otot secara rutin.

Dikutip dari Halodoc, terlalu banyak duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan masalah kesehatan? Studi dari American Cancer Society menemukan hubungan antara lamanya waktu duduk dengan risiko kematian yang lebih tinggi dari semua penyebab.

Jika studi yang dilakukan sebelum penelitian ini telah mengaitkan terlalu banyak duduk dengan kematian akibat kanker, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lainnya, studi yang dipublikasikan pada 2018 di American Journal of Epidemiology ini menggunakan data dari American Cancer Society CPS-II Nutrition Cohort. Responden penelitian berjumlah 127.554 orang, yang tidak memiliki penyakit kronis utama. Selama 21 tahun, para responden diamati kondisi kesehatannya, dan 48.784 orang di antaranya meninggal.

Dari jumlah orang yang meninggal, kebanyakan dari mereka memiliki kebiasaan terlalu lama duduk atau bersantai, dengan penyebab kematian yang cukup beragam. Mulai dari kanker, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, penyakit ginjal, penyakit paru, penyakit hati, tukak lambung, bunuh diri, penyakit Parkinson, Alzheimer, gangguan saraf, dan gangguan muskuloskeletal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro