Dr Ari Syahrial Syam/PB Pegi
Health

Lingkungan Jadi Risiko Transmisi Virus Corona

Desyinta Nuraini
Rabu, 22 Juli 2020 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam-Gastroenterologi-Hepatologi, dr. Ari Fahrial Syam menyebut lingkungan berperan penting dalam penyebaran virus Corona atau Covid-19, selain jumlah virus itu sendiri dan imunitas tubuh.

Dia menjelaskan lingkungan yang memudahkan transmisi virus yakni bersifat tertutup dan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu mengonfirmasikan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui udara.

"Data-data terakhir menunjukkan bahwa dia (Covid-19) bisa menular di ruangan tertutup, itu kan kemudian juga sirkulasi udaranya nggak bagus misalnya, di situ lah potensi untuk terjadinya penularan," tuturnya dalam diskusi online, Rabu (22/7/2020).

Faktor lingkungan ini kemudian dibenarkan dengan adanya kluster baru Covid-19 di perkantoran, tak terkecuali di kementerian maupun lembaga pemerintahan.

Kemungkinan penularan terjadi di ruang rapat, atau sebagian di pantry. Para pegawai ketika itu melepas maskernya.

Seharusnya kata Ari, masker sebaiknya digunakan saat di ruang rapat. Sementara ketika makan, mengupayakan tidak berhadapan dengan rekan kerja atau orang lain.

Selain perkantoran, transmisi besar dari faktor lingkungan terjadi di area pasar, khususnya pasar tradisional. Pasar berpotensi karena adanya kerumunan orang dan sirkulasi udaranya kurang baik.

Tak jarang penjual atau pegawai toko yang tidak menggunakan masker. "Di situlah potensinya," imbuhnya.

Oleh karena itu Ari kembali mengingatkan pentingnya menggunakan masker dimana pun dan kapanpun. Jika masyarakat tidak aware, angka kasus penularan tetap melonjak tajam.

"Yang bisa kita kerjakan saat ini, yang ternyata cukup efektif adalah pakai masker. Memakai masker melindungi kamu dan orang sekitar," tukas Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro