Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lingkungan Jadi Risiko Transmisi Virus Corona

Dia menjelaskan lingkungan yang memudahkan transmisi virus yakni bersifat tertutup dan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu mengonfirmasikan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui udara
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  14:52 WIB
Dr Ari Syahrial Syam - PB Pegi
Dr Ari Syahrial Syam - PB Pegi

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam-Gastroenterologi-Hepatologi, dr. Ari Fahrial Syam menyebut lingkungan berperan penting dalam penyebaran virus Corona atau Covid-19, selain jumlah virus itu sendiri dan imunitas tubuh.

Dia menjelaskan lingkungan yang memudahkan transmisi virus yakni bersifat tertutup dan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu mengonfirmasikan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui udara.

"Data-data terakhir menunjukkan bahwa dia (Covid-19) bisa menular di ruangan tertutup, itu kan kemudian juga sirkulasi udaranya nggak bagus misalnya, di situ lah potensi untuk terjadinya penularan," tuturnya dalam diskusi online, Rabu (22/7/2020).

Faktor lingkungan ini kemudian dibenarkan dengan adanya kluster baru Covid-19 di perkantoran, tak terkecuali di kementerian maupun lembaga pemerintahan.

Kemungkinan penularan terjadi di ruang rapat, atau sebagian di pantry. Para pegawai ketika itu melepas maskernya.

Seharusnya kata Ari, masker sebaiknya digunakan saat di ruang rapat. Sementara ketika makan, mengupayakan tidak berhadapan dengan rekan kerja atau orang lain.

Selain perkantoran, transmisi besar dari faktor lingkungan terjadi di area pasar, khususnya pasar tradisional. Pasar berpotensi karena adanya kerumunan orang dan sirkulasi udaranya kurang baik.

Tak jarang penjual atau pegawai toko yang tidak menggunakan masker. "Di situlah potensinya," imbuhnya.

Oleh karena itu Ari kembali mengingatkan pentingnya menggunakan masker dimana pun dan kapanpun. Jika masyarakat tidak aware, angka kasus penularan tetap melonjak tajam.

"Yang bisa kita kerjakan saat ini, yang ternyata cukup efektif adalah pakai masker. Memakai masker melindungi kamu dan orang sekitar," tukas Ari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top