Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nyeri Pinggang Jadi Tanda Batu Tanduk Rusa Ginjal, Ini Gejalanya

Pria lebih sering diserang gangguan ginjal karena memiliki saluran kemih yang lebih panjang dibandingkan perempuan.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  15:49 WIB
Ginjal sehat - boldsky.com
Ginjal sehat - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Batu tanduk rusa ginjal masih menjadi ancaman serius bagi kesehatan, khususnya bagi para pria.

Dokter spesialis urologi FKUI-RSCM Ponco Birowo, menuturkan angka kejadian batu saluran kemih di Indonesia sekitar 1,3 persen dari jumlah populasi penduduk. Penyakit ini paling banyak menyerang pria yakni sebesar 0,8 persen dibandingkan wanita sebesar 0,4 persen.

"Ini karena saluran kemih pria lebih panjang dari wanita. Laki-laki juga minumnya kurang," ujarnya dalam webinar, Rabu (29/7/2020).

Adapun kelompok usia yang berpotensi terkena batu tanduk rusa ginjal antara 55-64 tahun. Batu tanduk rusa atau staghorn stone sendiri merupakan bantu ginjal yang bercabang dan berukuran besar, bahkan bisa hampir menutupi saluran ginjal.

Ponco menyebut ada sejumlah faktor yang memicu timbulnya batu tanduk rusa pada saluran kemih. Utamanya faktor keturunan dari orang tua, riwayat asam urat, infeksi saluran kemih, ginjal tunggal, obesitas, dan sindrom metabolik.

Faktor berikutnya yakni gangguan hormon, penyakit ginjal bawaan, penyakit pencernaan seperti riwayat operasi usus dan gangguan penyerapan makanan, kemudian adanya kelainan saraf tulang belakang. Faktor lain karena ada abnormalitas struktur ginjal.

Sementara itu, gejala dari batu tanduk rusa ini bisa berupa nyeri pinggang yang intensitasnya cukup tinggi. "Kalau lagi tidur tiba-tiba sakit pinggang itu dipertimbangkan mungkin adanya batu (tanduk rusa)," jelas Ponco.

Gejala lainnya yakni bisa dilihat dari air seni yang disertai darah, berpasir, atau disertai nyeri. Atau, munculnya demam karena infeksi di saluran ginjal.

Namun yang perlu diwaspadai yakni tidak adanya gejala. Oleh karena itu dia menyarankan agar pria maupun wanita dengan usia di atas 50 tahun mrlalukan check up secara rutin di rumah sakit atau di laboratorium, serta melakukan USG.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ginjal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top