Poster film Soekarno
Entertainment

Referensi 6 Film Kemerdekaan RI yang Bisa Ditonton

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Agustus 2020 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyambut hari kemerdekaan RI ke 75 tahun, ada banyak cara untuk merayakannya ketika kita masih harus di rumah saja.

Jika di lingkungan Anda tidak ada perayaan HUT ke 75 RI karena kebijakan social distancing, maka ada cara lain untuk merayakannya dengan menonton film-film perjuangan kemerdekaan RI.

Menurut catatan Bisnis, setidaknya ada tujuh film yang bisa ditonton untuk meningkatkan kenasionalismean kita sebagai berikut 

1. Kartini

Film ini adalah kisah nyata perjuangan Kartini, pahlawan wanita yang paling populer di Indonesia. Di Indonesia awal tahun 1900 Masehi, Wanita tidak diperbolehkan memperoleh pendidikan yang tinggi, bahkan untuk para Ningrat sekalipun. Wanita Ningrat Jawa saat itu hanya diharapkan menjadi Raden Ayu.

Kartini adalah sebuah film biografi dari tokoh perjuangan emansipasi wanita Indonesia, Kartini. Film ini menjadi penampilan ketiga Kartini di layar lebar setelah biografi R.A. Kartini (film) (1984), dan kisah fiksi asmara Kartini Surat Cinta Untuk Kartini (2016). Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini.

Tanggal rilis: 19 April 2017 (Indonesia)
Sutradara: Hanung Bramantyo
Cerita oleh: Robert Ronny
Produser: Robert Ronny

2. Soekarno

Soekarno adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 11 Desember 2013. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnaedi. 

Tanggal rilis: 11 Desember 2013 (Indonesia)
Sutradara: Hanung Bramantyo
Produser: Raam Punjabi
Skenario: Hanung Bramantyo, Ben Sihombing.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Oemar Said Tjokroaminoto (Reza Rahadian) yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat, tidak diam saja melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900. Ia berani meninggalkan status kebangsawananny… lainnya
Tanggal rilis: 9 April 2015 (Indonesia)
Sutradara: Garin Nugroho
Produser: Ari Syarif, Dewi Umaya Rachman, Nayaka Untara, Didi Petet, Christine Hakim, Noe
Cerita oleh: Ari Syarif, Erik Supit
Skenario: Ari Syarif, Garin Nugroho, Erik Supit, Kemal Pasha Hidayat, Noe

4. Battle of Surabaya

Battle of Surabaya adalah film animasi 2D, drama, aksi dan sejarah Indonesia produksi MSV Pictures. Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif, tetapi berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945.

Tanggal rilis: 20 Agustus 2015 (Indonesia)
Sutradara: Aryanto Yuniawan
Bahasa: Indonesia
Produser: Aryanto Yuniawan

5. Sang Pencerah

Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Muhammad Ihsan Tarore sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan. 

Tanggal rilis: 8 September 2010 (Indonesia)
Sutradara: Hanung Bramantyo
Musik: Tya Subiyakto Satrio
Produser: Raam Punjabi

6. Merah Putih

Merah Putih adalah film drama historis Indonesia yang dirilis tahun 2009 dan merupakan bagian pertama dari rangkaian film "Trilogi Merdeka" yang merupakan trilogi film perjuangan pertama di Indonesia. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan dirilis dengan semboyan "Untuk merdeka mereka bersatu". 

Tanggal rilis: 13 Agustus 2009 (Indonesia)
Sutradara: Yadi Sugandi
Serial film: Trilogi Merdeka
Skenario: Conor Allyn, Rob Allyn
Produser: Conor Allyn, Gary L. Hayes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro