Pasien virus corona/Antara
Health

Apakah Pasien Virus Corona Bisa Terinfeksi Lagi?

Desyinta Nuraini
Rabu, 19 Agustus 2020 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan masih meyakini pasien yang sembuh dari virus corona tidak dapat terinfeksi untuk kedua kalinya. Namun dari beberapa kasus, sejumlah mantan pasien mengeluhkan gejala yang mirip saat mereka terinfeksi virus ini.

Melansir Times of India, Rabu (19/8/2020), mayoritas para ilmuwan mengatakan seseorang memperoleh cukup antibodi untuk mencegah infeksi Covid-19 berulang. Begitu pula seperti yang dikatakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bahwa tidak ada bukti yang sugestif sama.

Pasca memerangi infeksi virus, seseorang memperoleh antibodi yang membantu sistem kekebalan mengingat serangan pertama dan mempersiapkan diri untuk segala jenis serangan virus berikutnya. Dengan demikian, tubuh akan berada dalam kondisi yang lebih baik untuk melawan infeksi.

Meskipun hanya ada sedikit bukti klinis tentang orang yang kembali tertular Covid-19, para ilmuwan menyebut kemungkinan alasan untuk ini adalah kenyataan bahwa setelah seseorang sembuh dari infeksi, viral load dalam tubuh berkurang. Dalam beberapa kasus, pasien yang pulih dapat terus memiliki tingkat virus yang rendah di dalam tubuh dan karenanya, membuat mereka cenderung menunjukkan gejala dan terinfeksi kembali.

Viral load dapat bertahan di dalam tubuh hingga tiga bulan, didiagnosis pada sebagian besar orang yang terinfeksi ulang. Namun, para ilmuwan yakin bahwa diagnosis positif untuk kedua kalinya pasca pemulihan total bukanlah kasus infeksi ulang melainkan pelepasan virus akibat sisa-sisa jejak virus yang tertinggal di dalam tubuh. Bisa juga terjadi bahwa beberapa orang terinfeksi lebih dari sekali karena virus corona baru tetap tidak aktif di tubuh mereka sampai muncul kembali.

Para ahli juga menunjukkan kemungkinan kecil bahwa Covid-19 memiliki gejala yang mirip dengan penyakit pernapasan lainnya, seseorang yang terinfeksi lagi mungkin menderita virus lain dan salah mengira itu sebagai virus corona.

“Orang yang pulih dapat terus melepaskan SARS-CoV-2 RNA yang dapat dideteksi dalam spesimen pernapasan bagian atas hingga tiga bulan setelah timbulnya penyakit, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih rendah daripada selama sakit, dalam kisaran di mana replikasi virus yang kompeten (yang dapat bereplikasi dan menyebar) belum dapat dipulihkan secara andal dan kemungkinan tidak menular. Etiologi (penyebab penyakit) dari RNA SARS-CoV-2 yang terus-menerus terdeteksi ini masih harus ditentukan," tutur penasihat CDC baru-baru ini.

Apakah penularan masih bisa terjadi? Salah satu faktor risiko terbesar dengan Covid-19 adalah kecepatan penyebaran infeksi yang cepat dari pembawa virus. Jika infeksi ulang atau viral load masih berlanjut, itu hanya menimbulkan kekhawatiran penularan lebih lanjut dan penyebaran Covid. Namun, para ilmuwan dengan cepat memastikan bahwa meskipun pasien dapat memiliki viral load rendah atau sedang dalam tubuh mereka beberapa minggu setelah pemulihan, risiko penularan cukup rendah atau bahkan jarang. Studi yang dilakukan sejauh ini belum terbukti sama.

Selama satu atau dua bulan terakhir, peneliti mengambil sampel data untuk mengamati prevalensi antibodi. Meskipun benar bahwa seseorang dapat memperoleh antibodi setelah infeksi, waktu yang terakhir mungkin sulit untuk memperbaikinya. Satu studi yang dilakukan di AS mencatat bahwa pada individu yang terinfeksi Covid, antibodi akan mencapai puncaknya sekitar 20 hingga 30 hari setelah timbulnya gejala, dan kemudian menurun, yang dapat menjelaskan mengapa individu tertentu dapat berulang kali didiagnosis dengan Covid-19.

Menariknya, keberadaan antibodi dan waktu bertahannya mungkin juga ada hubungannya dengan jenis infeksi yang dialami. Sementara sampai sekarang terlihat bahwa kasus virus corona ringan mungkin tidak menjamin banyak kekebalan terhadap pasien, penelitian terbaru telah membuktikan bahwa bahkan dengan bentuk infeksi yang lebih ringan, orang dapat memperoleh kekebalan yang langgeng, karena infeksi dapat memicu tingkat sel-T dalam sistem kekebalan dan memberikan perlindungan untuk durasi yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro