Universitas Oxford/Reuters
Health

7 Kandidat Vaksin Covid-19 yang Paling Menjanjikan di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Agustus 2020 - 17:09
Bagikan

Universitas Oxford / AstraZeneca

Vaksin yang saat ini disebut ChAdOx1 nCoV-19, yang dikenal sebagai vaksin Oxford, sedang dikembangkan oleh universitas Inggris itu bekerja sama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca.

Vaksin ini dibuat dari virus flu biasa versi lemah, yang disebut adenovirus, yang menginfeksi simpanse. Para peneliti mengubah virus secara genetik sehingga tidak dapat bereplikasi pada manusia dan menambahkan gen ke kode untuk apa yang disebut protein lonjakan yang digunakan virus corona untuk menginfeksi sel manusia.

Secara teori, vaksin akan mengajari tubuh untuk mengenali lonjakan tersebut, sehingga ketika seseorang terpapar, sistem kekebalan dapat menghancurkannya. Para peneliti sebelumnya menguji vaksin ini pada monyet rhesus macaque dan menemukan bahwa vaksin itu tidak mencegah monyet terinfeksi ketika sengaja terpapar virus corona, tetapi mencegah mereka mengembangkan pneumonia, menunjukkan bahwa itu sebagian protektif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan 13 Mei ke database pracetak BioRxiv.

Pada bulan April, para peneliti mulai menguji vaksin pada manusia dan menerbitkan hasil awal dari uji coba fase 1 dan fase 2 yang masih berlangsung pada 20 Juli di jurnal The Lancet. Vaksin tidak menyebabkan efek samping yang serius pada partisipan tetapi menyebabkan beberapa efek samping ringan, seperti sakit otot dan menggigil.

Vaksin memacu sistem kekebalan untuk menghasilkan sel T spesifik SARS-CoV-2 - sekelompok sel darah putih yang penting dalam memerangi patogen - dan antibodi penawar, atau molekul yang dapat menempel pada virus dan memblokirnya dari sel yang menginfeksi, menurut laporan itu.

Uji coba fase 3 telah dimulai di Brasil dan akan mendaftarkan hingga 5.000 sukarelawan. Uji coba fase 3 lainnya diharapkan untuk mendaftarkan 10.500 orang tambahan di Inggris dan 30.000 di AS, menurut halaman web percobaan vaksin Oxford dan The New York Times. Tim di Oxford juga telah menyatakan minatnya untuk melakukan studi tantangan pada manusia, yang berarti mereka dengan sengaja akan menginfeksi relawan berisiko rendah dengan virus, baik bersamaan dengan uji coba fase 3 atau setelah mereka selesai, menurut The Guardian.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) AS mengumumkan bahwa mereka akan memberikan hingga $ 1,2 miliar kepada AstraZeneca untuk mempercepat proses pengembangan vaksin dan untuk membantu perusahaan membuat setidaknya 300 juta dosis vaksin - jika terbukti aman dan efektif - pada awal Oktober 2020, menurut sebuah pernyataan. Ini adalah bagian dari Operation Warp Speed pemerintahan Trump, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memberikan 300 juta dosis vaksin yang aman dan efektif pada Januari 2021, menurut HHS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro