Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Cegah Stunting Selama Pandemi

Stunting menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia. Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada balita. Tercatat saat ini 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 23 Agustus 2020  |  13:21 WIB
Ilustrasi stunting
Ilustrasi stunting

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun pandemi, kesehatan anak tetap harus dijaga, termasuk untuk menjaga diri anak dari gizi buruk dan stunting.

Mengutip Kementerian Kesehatan, Minggu (23/8/2020), stunting menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia. Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada balita. Tercatat saat ini 3 dari 10 anak di Indonesia mengalami stunting.

“Stunting tidak hanya menganggu perkembangan fisiknya, namun juga menganggu perkembangan otak anak. Apabila perkembangan otaknya terganggu, maka bisa mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas serta kreativitas di usia-usia produktif,” tulis Kementerian Kesehatan melalui akun twitternya.

Namun, untuk mencegah anak terkena stunting ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Memastikan ketersediaan sanitasi dan air yang bersih

2. Pastikan pola asuh yang baik, termasuk dalam praktik pemberian makan bagi bayi dan balita.

3. Pastikan bayi mengkonsumsi makanan dengan pola dan menu gizi yang seimbang.

Selain itu, di tengan situasi seperti sekarang ini, fasilitas layanan kesehatan juga diprioritaskan untuk melayani kelompok balita, ibu hamil, dan menyusui.

Untuk tiga kelompok tersebut, Kementerian Kesehatan melakukan upaya antara lain promosi dan dukungan menyusui, kampanye gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat, edukasi dan konseling menggunakan media seperti telepon, SMS atau Whatsapp.

Kemudian, layanan kesehatan kepada ibu, bayi, dan balita juga akan diprioritaskan untuk kunjungan ke rumah. Dalam layanan kesehatannya, ibu, bayi dan balita yang kurang gizi atau kurang energi kronis akan diberikan makanan tambahan. Selain itu, ketiga kelompok tersebut juga akan diberikan suplemen pelengkap gizi harian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes stunting pandemi corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top