Pose yoga suryanamaskar/Istimewa
Health

Tips Melakukan Yoga di Rumah

Desyinta Nuraini
Rabu, 2 September 2020 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatnya kasus virus corona menyebabkan banyak orang memilih untuk berolahraga di rumah, daripada pergi ke gym atau taman. Olahraga yang paling banyak dilakukan di tengah pandemi ini adalah yoga.

Namun yoga di rumah tidak semudah kelihatannya. Mungkin banyak orang yang tidak yakin bahwa video tutorial dari aplikasi ataupun YouTube yang diikuti sudahlah benar dan bisa memberi hasil maksimal.

Melansir dari Times of India, Rabu (2/9/2020) berikut langkah untuk yoga yang benar di rumah dan memperoleh hasil yang maksimal :

1. Mulailah dengan lambat

Dikatakan bahwa Anda tidak bisa mendaki gunung dalam sehari, begitu pula Anda tidak bisa fit dalam sehari. Menjadi bugar adalah proses yang berkelanjutan dan memakan waktu. Mendedikasikan jumlah waktu tetap setiap hari untuk kebugaran adalah satu-satunya cara untuk membuat kemajuan kecil.

Saat Anda memulai rutinitas latihan apa pun, mulailah dengan lambat. Mulailah dengan 10 menit atau 5 pose yoga, kemudian setelah seminggu tingkatkan repetisi dan tambahkan 2 pose lagi. Ini adalah cara mudah untuk mengikuti rutinitas kebugaran apa pun tanpa meninggalkannya di tengah jalan.

2. Pastikan langkah dan pose yang benar

Jangan pernah terburu-buru untuk menyelesaikan pengulangan secepat mungkin. Luangkan waktu Anda dan perhatikan keselarasan dan pola pernapasan Anda.

Dalam yoga, penyelarasan dan pernapasan memainkan peran penting. Jika Anda mengikuti video yoga online apa pun, tidak ada salahnya memutar ulang atau menjeda video untuk memperbaiki bentuk pose. Anda bisa berlatih yoga di depan cermin untuk memeriksa apakah Anda melakukannya dengan benar.

3. Pakai pakaian longgar

Yoga lebih menekankan pada peregangan dan gerakan, jadi cobalah kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Tidak masalah jika Anda memiliki pakaian olahraga yoga tertentu atau tidak. Kenakan apa pun yang longgar dan Anda dapat bergerak dengan mudah tanpa kehilangan keseimbangan atau jatuh ke tanah. Kenakan aksesori minimal dan cobalah untuk fokus.

4. Dengarkan tubuh Anda

Jika Anda kesulitan menentukan urutan yoga mana yang harus dilakukan maka cara terbaik adalah dengan mendengarkan tubuh Anda. Anda tidak perlu mengikuti urutan yoga tetap seperti yang diikuti di banyak kelas yoga.

Kembangkan intuisi tentang urutan apa yang ingin Anda lakukan pada hari itu. Jika Anda stres, lakukan pose meditasi, jika Anda merasa energik, cobalah serangkaian pose yoga yang cepat atau ketat.

5. Gunakan barang-barang yang ada di rumah

Jika Anda baru saja memulai yoga dan bertanya-tanya bagaimana melakukannya tanpa matras yoga, jangan khawatir. Anda tidak perlu langsung membeli semua aksesori yang dibutuhkan untuk melakukan yoga.

Mulailah dengan hal-hal yang tersedia di sekitar tempat Anda. Anda dapat menggunakan seprai atau handuk bekas sebagai pengganti matras yoga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro