Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menyusun Daftar Tamu di Pesta Pernikahan

Selain memutuskan apa yang Anda kenakan dan ke mana Anda akan pergi untuk bulan madu, memutuskan siapa yang akan Anda undang bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 September 2020  |  19:26 WIB
Ilustrasi - Wisegeek
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda berencana untuk menikah dalam waktu dekat? Maka Anda akan setuju bahwa membuat daftar tamu Anda adalah salah satu hal tersulit untuk dilakukan.

Selain memutuskan apa yang Anda kenakan dan ke mana Anda akan pergi untuk bulan madu, memutuskan siapa yang akan Anda undang bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Ini karena Anda mungkin tidak ingin mengundang semua orang ke pernikahan Anda dan dengan demikian, mempersempit daftar tamu Anda mungkin tidak akan terasa mudah bagi Anda. Selain itu, Anda tidak perlu mengundang seseorang ke pernikahan Anda hanya karena dia tetangga Anda atau karena Anda menghadiri pernikahannya atau hanya karena Anda adalah teman seperjalanan.

Itu sepenuhnya tergantung pada Anda dan pasangan untuk memutuskan siapa yang Anda inginkan untuk datang ke pernikahan Anda.

Dikutip dari Boldsky.com, Kamis (3/9/2020), Anda dapat menyesuaikan daftar sesuai dengan anggaran dan kapasitas tempat Anda. Untuk membaca lebih lanjut.

1. Pertama-tama, Buat Daftar Tamu

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan saat merencanakan pernikahan. Anda bisa mulai dengan menuliskan nama anggota keluarga dekat, teman dekat, dan kerabat penting Anda. Anda juga dapat memasukkan nama orang yang mengundang Anda ke pernikahan dan acara lainnya. Selain itu, jika mau, Anda dapat menambahkan nama teman yang jarang Anda temui.

2. Susun Anggaran Anda

Jika menurut Anda, anggaran Anda tidak akan mempengaruhi daftar tamu Anda, maka Anda salah. Setelah Anda membuat daftar tamu, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat anggaran Anda. Anda perlu memutuskan berapa banyak yang akan Anda belanjakan untuk tempat, katering, dan hadiah kembali. Ini akan membantu Anda dalam memutuskan berapa banyak tamu yang dapat Anda jamu pada upacara pernikahan Anda. Bergantung pada anggaran Anda, Anda sekarang dapat mempersempit daftar tamu Anda. Jika Anda telah menambahkan teman Facebook Anda, maka disarankan agar Anda menghilangkan nama-nama orang tersebut.

3. Tinjau Kapasitas Tempat 

Setelah Anda membuat perkiraan anggaran, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah meninjau kapasitas tempat Anda. Misalnya, jika tempat Anda hanya dapat menampung 100 tamu, maka mengundang 150 tamu dapat menyebabkan kekacauan. Ini tidak hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda tetapi juga bagi tamu Anda dan pemilik tempat. Untuk ini, Anda dapat memotong nama tetangga, teman di kantor, kenalan, dan teman sekolah menengah yang sudah lama tidak Anda temui.

4. Diskusikan Daftar Tamu Dengan Pasangan Anda

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mendiskusikan daftar tamu Anda dengan pasangan Anda. Dengan cara ini Anda akan dapat mengetahui jumlah tamu dari sisi pasangan Anda. Untuk ini, Anda dapat duduk bersama pasangan dan berdiskusi tentang siapa teman dekat, orang yang Anda cintai, sepupu dan pertama, teman orang tua, paman dan bibi jauh, dll. Selain itu, Anda dapat menentukan jumlah tamu tambahan yang Anda dan pasangan Anda ingin mengundang ke pernikahan Anda.

5. Putuskan Siapa yang Tidak Ingin Anda Undang

Ini adalah salah satu langkah terpenting yang perlu Anda lakukan. Anda harus sangat berhati-hati saat memutuskan siapa yang Anda inginkan untuk datang ke pernikahan Anda. Misalnya, apakah Anda bersedia mengundang bibi usil atau paman Anda yang selalu skeptis tentang segala hal? Juga, apakah Anda tahu siapa sepupu kedua Anda dan jika Anda ingin melihat mantan rekan Anda menghadiri pernikahan Anda? Setelah Anda memutuskan namanya, hapus saja dan Anda dapat mengulangi prosesnya sampai Anda memiliki daftar orang yang benar-benar ingin Anda undang.

6. Tanyakan Diri Anda Pertanyaan yang Diperlukan

Kami memahami bahwa bisa jadi sangat sulit dan sulit untuk memutuskan siapa yang harus menghadiri pernikahan Anda. Jika Anda tidak dapat menghilangkan tamu bahkan setelah membuat perkiraan anggaran dan meninjau kapasitas tempat Anda, maka Anda dapat bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting. Ini bisa jadi, apakah Anda pernah bertemu dengan tamu-tamu itu dalam beberapa tahun terakhir? Apakah Anda benar-benar berhubungan baik dengan mereka? Apakah mereka sangat berarti bagi Anda dan keluarga Anda? Apakah mereka membuat drama yang tidak perlu di acara atau pesta apa pun?

7. Tetap Pada Daftar Tamu Terakhir Anda

Setelah Anda membuat daftar akhir, Anda harus tetap berpegang pada daftar yang sama. Tidak ada gunanya menambahkan kembali mereka yang namanya telah Anda hapus dari daftar. Jika tidak, hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan masalah saat membuat pengaturan. Namun, Anda dapat memesan beberapa nomor untuk tamu tambahan. Jika Anda ingin menambahkan kembali nama beberapa orang, Anda dapat menambahkan mereka ke kategori tamu tambahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pernikahan undangan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top