Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Suplemen yang Bikin Kulit Awet Muda

Untuk kulit awet muda, kita harus berusaha mengurangi jumlah flek hitam, bercak kemerahan, keriput, bercak kasar dan kulit kering.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 07 September 2020  |  14:05 WIB
Vitamin
Vitamin

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit tampil awet muda pastinya menjadi idaman setiap orang. Hal tersebut juga menjadi ukuran untuk menunjukkan kondisi kesehatan.

Untuk kulit awet muda, kita harus berusaha mengurangi jumlah flek hitam, bercak kemerahan, keriput, bercak kasar dan kulit kering. Mendapatkannya perlu usaha maksimal seperti berolahraga dengan rutin atau menerapkan pola hidup sehat. Namun, ternyata ada empat suplemen yang dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Melansir Express UK, Senin (7/9/2020), Rekomendasi suplementasi pertama mungkin mengejutkan, karena menjauhi sinar UV matahari yang berbahaya adalah kunci untuk melindungi kulit. Namun, dosis vitamin D - 600 IU per hari, menurut Oregon State University, sangat dibutuhkan.

Faktanya, vitamin D mungkin bermanfaat dalam merawat kondisi kulit, seperti psoriasis. NHS menjelaskan psoriasis muncul sebagai bercak merah, bersisik,  kulit berkerak ditutupi dengan sisik keperakan.

Bercak ini cenderung muncul di siku, lutut, kulit kepala, dan punggung bawah, tetapi bisa muncul di mana saja. Perawatan medis dapat mencakup aplikasi topikal dari analog vitamin D, yang telah diverifikasi oleh sebuah penelitian.

Para peneliti dari rumah sakit Henry Ford, Detroit, menemukan bahwa aplikasi kalsitriol 3mcg (vitamin D buatan manusia) secara signifikan memperbaiki gejala psoriasis.

Suplementasi penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika mengharapkan kulit yang tampak lebih muda adalah vitamin C. Ada alasan mengapa vitamin ini ditemukan di banyak produk perawatan kulit anti penuaan, karena membantu menjaga kesehatan kulit.

Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat meningkatkan efektivitas tabir surya yang dioleskan ke kulit. Ini dilakukan dengan mengurangi kerusakan sel, dan membantu proses penyembuhan luka tubuh.Vitamin C kata Oregon State University, membantu membantu mengatur pembentukan kolagen.

Medical News Today mencatat bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen, yang dapat menyebabkan lebih banyak kerutan. Vitamin C dipandang sebagai nutrisi yang dapat membantu mendukung pembentukan kolagen.

Antioksidan lain yang perlu diperhatikan adalah suplementasi vitamin E, yang dapat membantu melawan kulit kering. NHS merekomendasikan wanita untuk menerima 3mg vitamin E per hari, sedangkan pria membutuhkan 4mg per hari. 
Jika mengonsumsi suplemen vitamin E, pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 800 IU sehari. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa mungkin ada efek samping dari mengonsumsi terlalu banyak vitamin, orang yang sehat seharusnya bisa mendapatkan jumlah yang cukup dari makanannya.

Sumber makanan yang baik untuk vitamin E termasuk minyak sayur, bunga matahari, kedelai, jagung dan minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta tanaman gandum.

Suplementasi terakhir yang dapat membantu mempromosikan kulit tampak awet muda adalah vitamin K.

MedicineNet mencatat bagaimana vitamin K telah terbukti mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Sumber makanan vitamin K termasuk sayuran berdaun hijau, seperti brokoli dan bayam.

Orang dewasa kira-kira membutuhkan 1mcg vitamin K untuk setiap kilogram berat badannya setiap hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top