Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Imunitas dengan 5 Langkah Sederhana Ini

Selama pandemi ini, fokuslah untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah terinfeksi virus.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 29 September 2020  |  15:41 WIB
Ilustrasi - Pxlfitness
Ilustrasi - Pxlfitness

Bisnis.com, JAKARTA - Meningkatkan imunitas tubuh menjadi penting di tengah pandemi Covid-19. Namun perlu diingat, imunitas tidak terbentuk dalam sehari. Butuh waktu yang cukup lama termasuk merubah gaya hidup.

Mendapatkan imunitas tidak sekadar berjemur di bawah sinar matahari. Ahli gizi, pendidik diabetes dan pelatih kesehatan Sheryl Salis mengatakan bagaimana Anda memulai hari di pagi hari, menentukan kesehatan fisik, mental, dan suasana hati secara keseluruhan.

"Rutinitas pagi yang sehat sangat ideal untuk orang yang ingin memiliki hari yang produktif, terutama ketika mereka diharuskan untuk melakukan banyak tugas,” katanya dilansir dari The Indian Express, Selasa (29/9/2020).

Berikut 5 langkah untuk mendapatkan imunitas menurut Salis :

  1. Meditasi

Segera setelah Anda bangun, lakukan Balasana atau 'pose anak' sambil duduk di tempat tidur Anda. Tahan posisi tersebut selama mungkin.

Asana yoga ini membantu mengendurkan kekakuan otot di pagi hari dan meningkatkan aliran darah ke otak. Kemudian duduk tegak dan bermeditasi atau lakukan latihan pernapasan dasar untuk membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan fungsi tubuh setelah tidur malam.

  1. Oil pulling

Teknik ayurveda kuno ini melibatkan desir minyak kelapa murni yang diperas dingin selama sekitar 5-7 menit di mulut. Oil pulling telah direkomendasikan oleh para ahli, karena asam laurat menembus lapisan lemak bakteri di mulut, membunuh mereka.

Kementerian Ayush merekomendasikan teknik ini sebagai tindakan perawatan diri untuk meningkatkan kekebalan. Ini harus dilakukan dengan perut kosong segera setelah Anda bangun.

  1. Hidrasi

Minum dua gelas air untuk mendetoksifikasi tubuh. Anda juga bisa membuat minuman kekebalan DIY dengan menambahkan setengah lemon dan jahe, sejumput bubuk lada, kunyit, dan kayu manis segar ke dalam segelas air kedua.

  1. Olahraga

Berolahraga secara teratur di pagi hari sangat ideal untuk membersihkan tubuh dari segala kelesuan. Sesi 40 menit dari aktivitas apa pun akan mengisi tubuh secara fisik selama sisa hari itu, serta meningkatkan kekuatan, stamina, dan kelenturannya. Mulailah dengan latihan dasar seperti bersepeda atau jogging dan kemudian tingkatkan intensitas dengan beban sesuai dengan tipe tubuh dan kondisi kesehatan Anda. Tubuh yang bugar dan sehat akan memastikan sistem kekebalan yang kuat.

  1. Sarapan sehat

Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting hari ini. Manjakan diri dengan sarapan bergizi dan sehat dengan pilihan sehat seperti kombinasi protein seperti susu atau telur bersama dengan satu porsi karbohidrat dan serat seperti buah dan sayuran segar, biji-bijian, dan lainnya.

Berfokus pada kebutuhan untuk memperkuat kekebalan, kembangkan kebiasaan mengonsumsi dua sendok teh minyak kelapa murni untuk awal hari yang sehat dan energik. Minyak kelapa murni adalah makanan super ramah vegan yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain konsumsi langsung, dapat ditambahkan ke smoothie pagi atau mangkuk puding sarapan; kopi peluru adalah kombinasi hebat lainnya, saran Salis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat tips bahagia Imunitas tubuh
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top