Spons yang dipenuhi tusuk gigi diletakkan didalam lift untuk mencegah orang-orang menyentuh langsung tombol dengan tangan di sebuah daerah perumahan, ditengah wabah Virus Corona penyebab Covid-19 di Mumbai, India, Minggu (2/8/2020)./Antara
Health

Awas! Virus Covid-19 Rentan Menyebar di 6 Benda Ini

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 5 Oktober 2020 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus positif Covid-19 di Indonesia, per Senin (5/10/2020) hingga pukul 12.00 WIB secara kumulatif tercatat menjadi 307.120 orang.

Dengan demikian, dibandingkan data kemarin, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 3.622 orang. Hari ini DKI Jakarta tercatat sebagai penyumbang kasus positif terbanyak, mencapai 1.022 orang.

Data tersebut secara gamblang menggambarkan masih tingginya penularan virus Covid-19 di Indonesia. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan virus Covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lain.

Namun, virus Corona juga bisa menyebar melalui permukaan dan benda mati. Karena itu, WHO mengingatkan agar warga rajin membersihkan atau mendisinfeksi permukaan beberapa benda-benda yang ada di rumah agar terbebas dari virus Corona.

"Jangan lupa ya, terutama untuk benda-benda dan permukaan yang sering disentuh atau digunakan bersama orang-orang lain," tulis akun Twitter @WHOIndonesia seperti dikutip, Senin (5/10/2020).

WHO menambahkan virus Covid-19 yang terdapat di benda mati dapat berpindah ke tubuh manusia dengan cara yang mudah.

Virus Corona yang ada di benda yang terkontaminasi akan pindah apabila Anda menyentuh bagian wajah (mata, hidung, atau mulut) atau organ orang lain. Maka Anda atau orang di dekat Anda bisa terinfeksi Covid-19.

Lantas, permukaan benda-benda apa saja yang berpotensi menjadi media penularan virus Corona? Simak daftarnya berikut ini!

1. Kertas Tissue
2. Pegangan Pintu
3. Perangkat Digital (Smart phone, tablet, dll)
4. Laptop dan Tetikus
5. Bolpoin
6. Tombol Lift.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro