Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisakah Seseorang Terinfeksi Virus Corona Lebih dari Sekali?

Para ilmuwan mengatakan pasien memiliki dua infeksi berbeda, dari infeksi pertama yang muncul kembali.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  10:44 WIB
Virus corona (Covid-19) - Antara
Virus corona (Covid-19) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ilmuwan di seluruh dunia terus melakukan penelitian tentang virus corona baru yang telah menyebabkan pandemi global. Salah satu topik yang banyak dikaji adalah tentang kemungkinan seseorang terinfeksi kembali virus yang sangat menular ini.

Dilansir dari Express UK, Rabu (14/10/2020) sebuah penelitian anyar yang diterbitkan di jurnal Lancet, seorang pria berusia 25 tahun dinyatakan positif terkena patogen itu dua kali. Laporan itu bahkan menyebut bahwa infeksi kedua yang dialami terbukti jauh lebih parah ketimbang yang pertama.

Pasien tersebut membutuhkan perawatan di rumah sakit setelah paru-parunya tidak mendapatkan cukup oksigen ke dalam tubuhnya. Studi ini menantang pemahaman yang ada tentang seberapa banyak kekebalan dapat dibangun terhadap virus.

Pasalnya, pria yang terinfeksi virus corona dua kali ini dilaporkan tidak memiliki masalah kesehatan atau kekebalan yang membuatnya menjadi rentan terhadap Covid-19. Para ilmuwan mengatakan pasien memiliki dua infeksi berbeda, dari infeksi pertama yang muncul kembali.

Perbandingan kode genetik virus yang diambil pada setiap kelompok gejala menunjukkan bahwa kode tersebut terlalu berbeda untuk disebabkan oleh infeksi yang sama.

Mark Pandori, penulis penelitian dari University of Nevada mengatakan bahwa penemuan dari penelitian mereka menandakan infeksi sebelumnya belum tentu melindungi tubuh dari infeksi di masa mendatang.

“Kemungkinan infeksi ulang dapat memiliki implikasi signifikan bagi pemahaman kita tentang kekebalan tubuh terhadap Covid-19,” tandasnya. Dia menambahkan bahwa ini juga akan berdampak pada bagaimana vaksin seharusnya dikembangkan.

Berdasarkan penelitiannya, Pandori juga mengatakan agar orang yang telah pulih dari infeksi tetap harus mematuhi pedoman protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial, mengenakan masker, dan mencuci tangan dengan benar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infeksi Virus Corona Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top