Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Mudah dan Murah Kurangi Energi Negatif, Nonton TV Alam di TV

Para peneliti dari University of Exeter dalam studinya meminta 96 responden yang merasa bosan selama berada di rumah untuk menonton video di mana seseorang menggambarkan pekerjaan mereka di sebuah perusahaan peralatan kantor.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  02:08 WIB
Ilustrasi pria stres setelah istri melahirkan. - Antara
Ilustrasi pria stres setelah istri melahirkan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Environmental Psychology menyebut menonton program alam berkualitas tinggi di TV dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi emosi negatif, dan membantu mengurangi jenis kebosanan selama berada di rumah karena adanya pembatasan sosial.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hal tersebut juga dapat meningkatkan perasaan positif dan meningkatkan hubungan orang-orang dengan alam.

Para peneliti dari University of Exeter dalam studinya meminta 96 responden yang merasa bosan selama berada di rumah untuk menonton video di mana seseorang menggambarkan pekerjaan mereka di sebuah perusahaan peralatan kantor. Mereka kemudian diarahkan kepada tayangan pemandangan terumbu karang bawah air dengan tiga cara berbeda, yakni melalui TV, headset VR menggunakan video 360 derajat, dan dalam headset VR menggunakan grafik interaktif yang dihasilkan komputer.
Tim menemukan bahwa semua metode menonton meminimalkan perasaan negatif seperti kesedihan, serta mengurangi kebosanan secara signifikan. Namun, hanya pengalaman realitas maya interaktif yang menyebabkan peningkatan perasaan positif, seperti kebahagiaan, dan memperkuat bagaimana perasaan orang terkait dengan alam.
Nicky Yeo, peneliti utama dalam studi tersebut percaya bahwa temuan mereka dapat memiliki implikasi penting bagi populasi yang menghadapi waktu lama di rumah. 
"Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan menonton alam di TV dapat membantu mengangkat suasana hati orang dan memerangi kebosanan. Dengan orang-orang di seluruh dunia menghadapi akses terbatas ke lingkungan luar ruangan karena karantina Covid-19, studi ini menunjukkan bahwa program alam mungkin menawarkan cara yang dapat diakses untuk populas mendapatkan keuntungan dari dosis yang bersifat digital," tuturnya seperti dilansir dari Medical Xpress, Rabu (14/10/2020).
Tim bekerja dengan Unit Sejarah Alam BBC untuk menciptakan kondisi eksperimental mereka, yang menampilkan beberapa adegan dari seri Blue Planet II, termasuk rekaman 360 derajat yang tak terlihat. Temuan mereka mendukung prakarsa yang berupaya menghadirkan potensi terapeutik alam kepada orang-orang di rumah, seperti seri Mindful Escapes dari BBC Four baru-baru ini.
Penulis lainnya, Dr. Mathew White mengatakan pihaknya sangat senang dengan manfaat tambahan yang mungkin diberikan oleh pengalaman alam yang imersif. Realitas virtual dapat membantu meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang tidak dapat dengan mudah mengakses dunia alami, sepertimereka yang berada di rumah sakit atau dalam perawatan jangka panjang. 
"Tapi mungkin juga membantu untuk mendorong hubungan yang lebih dalam dengan alam dalam populasi yang sehat, sebuah mekanisme yang dapat mendorong perilaku yang lebih pro-lingkungan dan mendorong orang untuk melindungi dan melestarikan alam di dunia nyata," tambah White.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres Tayangan TV
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top