Norovirus
Health

10 Fakta Soal Norovirus yang Harus Diketahui

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 20 Oktober 2020 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah masih mewabahnya virus corona, kini norovirus juga menjadi ancaman baru bagi dunia kesehatan.

Virus yang satu ini, juga dikenal sebagai kutu musim dingin. Norovirus adalah kelompok virus yang sangat menular yang dapat menyebabkan gastroenteritis pada manusia dari segala usia.

Untuk menghindarinya, ada 10 fakta soal virus ini yang harus Anda ketahui berikut ini dilansir dari streprotected.com: 

1. Walaupun paling sering terjangkit selama musim dingin, infeksi Norovirus dapat tertular sepanjang tahun.

2. Norovirus menyebar dengan menghirup udara yang terkontaminasi atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi karena dapat bertahan di luar tubuh selama beberapa hari.

3. Norovirus juga dapat disebarkan melalui makanan jadi pastikan Anda mencuci buah atau sayuran segar sebelum digunakan dan hanya makan tiram dari sumber yang disetujui karena beberapa kerang juga dapat membawa virus.

4. Bangunan tempat orang berada dalam kontak dekat seperti rumah sakit, sekolah, restoran, kapal pesiar, dan hotel dapat terkena dampak buruk karena virus dapat menyebar dengan cepat.

5. Gejala yang paling umum terdiri dari mual, muntah dan diare berair, sementara beberapa orang juga bisa menderita demam, sakit kepala, kram perut dan sakit anggota badan.

6. Biasanya gejala akan mulai muncul dalam waktu 48 jam setelah terinfeksi dan dapat berlangsung selama sekitar 2-3 hari.

7. Tidak ada pengobatan khusus untuk Norovirus dan karena ini adalah virus, antibiotik tidak dapat membantu, jadi pengobatan terbaik adalah tetap di rumah dan memastikan Anda tetap terhidrasi dan makan makanan untuk menenangkan perut Anda.

8. Jika gejala tidak membaik setelah beberapa hari, Anda mungkin perlu mencari bantuan medis untuk mendapatkan resep obat antisickness atau antidiarrhoel. NHS menyarankan untuk tidak mengunjungi rumah sakit atau operasi GP Anda saat Anda menderita Norovirus, jadi hubungi dokter Anda melalui telepon untuk meminta nasihat.

9. Menjaga kebersihan yang baik dapat membantu mencegah penyebaran Norovirus, jadi pastikan Anda mensterilkan permukaan apa pun, mencuci pakaian atau seprai yang terinfeksi pada suhu tertinggi yang disarankan secara terpisah dari pakaian lain, dan mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air karena gel alkohol dapat tidak membunuh virus.

10. Ketahuilah bahwa virus masih bisa menular selama sekitar 48 jam setelah gejala Anda berhenti karena bakteri mungkin masih ada di kotoran, jadi hindari kembali bekerja, sekolah atau mengunjungi rumah sakit selama waktu ini dan pastikan Anda ' pulih sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro