Serangan jantung/boldsky.com
Health

Waspadai Gejala Serangan Jantung Ini

Ika Fatma Ramadhansari
Senin, 26 Oktober 2020 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menurut Medicine Net, sakit gigi merupakan salah satu indikator serangan jantung yang diungkapkan oleh sebagian pasien.

Saat jantung kekurangan darah dan oksigen, otot jantung menjadi cedera dan memicu nyeri dan tekanan di dada.

Jika aliran darah tidak dikembalikan ke otot jantung dalam waktu 20 sampai 40 menit, kematian otot jantung yang tidak dapat diubah akan dimulai.

Serangan jantung yang tidak menimbulkan gejala atau hanya gejala ringan sama berbahayanya dengan serangan jantung dengan gejala seperti nyeri yang luar biasa pada dada.

Berikut beberapa tanda dan gejala awal serangan jantung dilansir dari Alodokter dan Medicine Net dilansir pada Senin (26/10/2020):

- Nyeri dada
Nyeri di dada adalah gejala awal penyakit jantung koroner yang paling umum dialami. Pada setiap orang gejala ini bisa berbeda-beda seperti rasa tidak nyaman di dada, merasa dada ditimpa sesuatu yang berat, sesak di dada, atau merasa dada seperti terbakar.

- Lebih mudah lelah
Jika rasa lelah tiba-tiba muncul tanpa alasan yang jelas dan lebih parah dari rasa lelah yang biasa dialami itu juga merupakan gejala awal penyakit jantung.

- Nafas tersengal-sengal
Jika terjadi saat melakukan aktivitas ringan.

- Detak jantung yang tidak teratur
Bisa jadi detak jantung terasa terlambat atau tiba-tiba ada detak yang menyelinap di antara dua detak jantung normal. Kondisi ini umum terjadi ketika kelebihan mengonsumsi kopi atau kurang tidur. Perlu diwaspadai ketika kondisi ini terjadi tanpa alasan yang jelas.

- Pembengkakan di punggung kaki dan pergelangan kaki
Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak memompa darah dengan optimal, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh dan aliran darah balik ke jantung menjadi terhambat.

Pada tahap awal penyakit, darah yang tertahan di kaki dapat menyebabkan penumpukan cairan yang umumnya terlihat jelas di punggung kaki dan pergelangan kaki. Namun lama-kelamaan bengkak bisa terjadi di seluruh tubuh.

- Nyeri di rahang, sakit gigi, sakit kepala
Sakit dari serangan jantung bisa menyebar hingga ke dua tangan, rahang atau kepala atau pada punggung. Beberapa orang melaporkan sakit gigi atau sakit kepala sebagai gejala. Gejala ini mungkin dirasakan tanpa mengalami nyeri dada saat serangan jantung.

- Masalah pencernaan seperti mual, muntah, perut bagian tengah atas tidak nyaman
Walaupun gejala ini tidak umum, mual hingga muntah ini bahkan disertai dengan sendawa yang biasanya banyak dirasakan oleh wanita dibandingkan laki-laki. Perut tidak nyaman pun biasanya lebih terasa seperti ditumpuk sesuatu yang berat dibandingkan rasa perih atau rasa tertusuk.

Tanda-tanda aneh lainnya termasuk nyeri lengan, nyeri punggung atas, malaise umum dan muntah.

Setiap tanda-tanda diatas perlu Anda waspadai dan perlu diselidiki oleh staf medis, karena penundaan pengobatan dapat menyebabkan penurunan fungsi jantung secara permanen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro