Bayi sedang tidur
Health

Seberapa Sering Bayi Harus Dimandikan?

Krizia Putri Kinanti
Senin, 26 Oktober 2020 - 18:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Waktu mandi bayi Anda bisa menjadi pengalaman yang sulit bagi Anda, terutama jika ini pertama kali dilakukan.

Anda mungkin merasa dia sangat kecil dan rapuh di lengan Anda sehingga khawatir akan memandikannya. Atau juga Anda mungkin bertanya-tanya apakah suhu air tepat untuk bayi. Pertanyaan lain seputar memandikan bayi adalah seberapa sering harus dilakukan.

Dikutip dari parenting.firstcry.com, Senin (26/10/2020), Jika Anda memiliki bayi baru lahir, sebaiknya lebih jarang memandikannya dan jika dia sedikit lebih besar, Anda dapat memandikannya setiap hari. 

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu Anda ingat saat memandikan bayi Anda:

1.Bayi baru lahir

Paling sering, perawatlah yang akan menjadi orang yang memandikan bayi Anda untuk pertama kalinya. Ini dilakukan sekitar 24 jam setelah lahir. Perhatikan apa yang perawat lakukan dan minta nasihat tentang memandikan bayi jika Anda belum berpengalaman. Setiap tips dari para profesional akan bermanfaat.

Anda harus memandikan bayi Anda hanya sekali atau dua kali seminggu. Hal ini penting dilakukan hingga tali pusat terlepas. Anda sebaiknya tidak merendam bayi Anda di dalam air sampai tali pusat terlepas.

Mandi dengan spons untuk bayi baru lahir adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihannya. Bersikaplah sangat lembut di sekitar wajah mereka dan saat membersihkan kepala mereka.Selalu mulai dari atas dan terus ke bawah. Untuk wajah, pastikan untuk membersihkan dengan baik terutama dari sisa susu.

1. Bayi usia 1 Bulan - 3 Bulan

Untuk bayi yang berusia antara 1 dan 3 bulan, disarankan untuk mandi sekali atau dua kali seminggu. Setelah tali pusat lepas, Anda akan bisa memandikan bayi Anda secara normal.

Bersikaplah sangat lembut saat Anda memandikan bayi atau dia mungkin tergelincir. Mulailah dengan wajah dan kemudian turunkan, seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Anda bisa menggunakan sabun bayi yang lembut saat memandikannya.

Anda juga dapat membawa bayi Anda dan memandikannya saat Anda mandi. Pastikan bahwa Anda menggunakan air hangat dan orang lain ada di sana untuk membantu mengeringkan bayi seusai dia mandi.

3. Bayi usia 3 Bulan - 6 Bulan

Bayi Anda masih sangat kecil, dan tidak perlu mandi lebih dari tiga kali seminggu. Tetapi jika Anda merasa bayi Anda menyukainya, Anda dapat memandikannya lebih sering. Jika Anda ingin memandikan bayi Anda lebih dari tiga kali seminggu, jangan gunakan sabun selama dia mandi. Gunakan sabun jika memang diperlukan.

Setelah Anda selesai memandikan bayi Anda, Anda bahkan dapat menggunakan losion ringan bebas pewangi yang bebas dari pewarna tambahan.

4. Bayi usia 6 Bulan - 12 Bulan

Bayi mulai menjadi lebih aktif antara enam bulan hingga satu tahun. Bayi Anda akan merangkak, atau mungkin mulai berjalan. Bayi Anda bahkan akan mulai disapih dan mulai MPASI. Jadi jelas, ini adalah saat Anda perlu memandikan bayi Anda lebih sering dari sebelumnya.

Jika bayi Anda tidak suka dimandikan, Anda bisa mendapatkan beberapa mainan yang akan membuatnya sibuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro