Masker N95
Health

Anak Muda Cenderung Abai Terapkan Protokol Kesehatan

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penelitian baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan bahwa orang yang lebih muda telah melonggarkan social distancing.

Dikutip dari healthline.com, Jumat (30/10/2020), CDC mengatakan bahwa antara April dan Juni 2020, perilaku protokol kesehatan utama, termasuk social distancing dan menghindari ruang yang ramai, paling rendah di antara orang-orang yang berusia antara 18 tahun dan 29 tahun.

Temuan ini menyoroti perlunya memberi tahu anak muda tidak hanya tentang potensi risiko mereka, tetapi juga peran penting dalam penyebaran Covid-19. Meskipun orang yang lebih muda memiliki risiko lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit atau meninggal karena Covid-19, infeksi dapat menjadi parah pada orang-orang dari segala usia, termasuk mereka yang sehat.

“Kami juga mengetahui dari studi sebelumnya bahwa remaja berusia 20-an dapat berfungsi sebagai pelaku untuk penularan kepada lansia. Mengurangi tingkat infeksi di antara orang-orang yang berusia 20-30an sangat penting untuk mengendalikan pandemi, ” tutur Robert Glatter, seorang dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York City.

Untuk mengukur seberapa ketat orang telah mematuhi tindakan pencegahan keamanan yang direkomendasikan terhadap Covid-19, CDC juga melakukan survei orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun.

Survei ini menanyakan peserta tentang tindakan keamanan yang telah mereka ambil, dilakukan dalam tiga gelombang: akhir April, awal Mei, dan akhir Mei. CDC menemukan bahwa persentase orang dewasa yang menggunakan masker wajah meningkat dari 78 persen di bulan April menjadi 89 persen di bulan Juni.

Semua perilaku pencegahan utama lainnya - menjaga jarak, menghindari keramaian dan ruang publik, serta mencuci tangan tidak dilakukan. Satu-satunya pengecualian adalah menghindari restoran, yang tidak banyak berubah.

Secara umum, anak muda dilaporkan kurang ketat dengan perilaku mitigasi dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih tua. CDC mencurigai ini bisa menjadi mengapa tingkat Covid-19 di antara anak muda Amerika melonjak.

Menurut CDC, temuan tersebut menyoroti kebutuhan untuk menjangkau anak muda dan mendorong mereka untuk mematuhi tindakan pencegahan keselamatan.

"Pesan kesehatan masyarakat perlu menekankan pentingnya menjaga jarak secara fisik dan mengenakan masker, terutama di antara kelompok usia 18-29 tahun," kata Glatter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro