Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Kesehatan Gigi Ibu Hamil Pada Janin Bayi

Kehamilan menyebabkan perubahan hormon, yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit gusi dan dapat memengaruhi kesehatan bayi Anda.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 09 November 2020  |  06:01 WIB
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan yang sedang hamil harus memperhatikan kesehatan mulut dan gigi untuk melahirkan bayi yang sehat.

Perubahan mulut selama kehamilan dapat mengindikasikan sesuatu, yang hanya bisa diketahui oleh dokter gigi. Untuk melahirkan bayi yang sehat, maka ibu juga harus menjaga kesehatan fisik termasuk gigi dan mental.

Mengutip dari Times of India, Senin (9/11/2020), para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi sebelum melahirkan. Berikut tahapan penting dari perawatan gigi sebelum melahirkan:

1. Tahap pra hamil

Lakukanlah pemeriksaan gigi saat Anda memutuskan untuk merencanakan kehadiran seorang bayi. Kondisi ibu harus benar-benar sehat saat perencanaan kehamilan, sebab Anda akan lebih fokus pada kesehatan bayi selama satu tahun ke depan.
Pada tahap ini, tidak ada batasan pengobatan dan tes, sehingga Anda bisa mendapatkan semua jenis perawatan yang Anda butuhkan.

2. Selama masa kehamilan

Jika Anda melewatkan pemeriksaan gigi saat merencanakan bayi, atau tidak didiagnosis mengalami masalah, maka segera selesaikanlah permasalah dengan gigi Anda.

Meskipun tidak aman untuk minum obat atau perawatan apa pun selama trimester pertama dan ketiga, Anda harus mengunjungi dokter gigi. Trimester kedua dianggap waktu paling aman untuk mendapatkan perawatan seperti saluran akar dan bahkan operasi kecil.

Bakteri penyebab pembusukan dan bakteri yang terkait dengan penyakit gusi bisa menyebabkan kelahiran bayi dengan berat yang rendah. Ini juga mempengaruhi bayi untuk memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami tidak sehat saat mereka tumbuh.

Seorang ibu tidak hanya menyikat untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayinya. Kebersihan mulutnya selama kehamilan menentukan kesehatan gigi anaknya di masa depan. Jika ada perawatan gigi besar, Anda harus memberi tahu dokter kandungan Anda tentang hal itu.

3. Konsumsi makanan yang ramah gigi

Gigi bayi Anda mulai tumbuh selama trimester kedua. Konsumsilah berbagai makanan bergizi. Diet termasuk susu, yoghurt, buah-buahan, sayuran hijau, dan biji-bijian. Sertakan vitamin C, kalsium, dan vitamin B12 dalam makanan harian Anda.

4. Obat morning yang sickness yang aman

Para ibu yang mengalami mual di pagi hari harus memastikan untuk menyikat gigi setelah setiap hari dan menggunakan aroma pasta gigi yang lembut. Sifat muntahan yang asam dapat merusak enamel gigi, jika tidak dibersihkan tepat waktu.

5. Perawatan harian

Jika Anda belum pernah merawat gigi secara serius, inilah saatnya merawatnya selama kehamilan. Sikat dua kali sehari dengan pasta gigi yang lembut, gunakan sikat dengan bulu yang lembut dan jangan lupa untuk membersihkan menggunakan benang.

Jika Anda mengalami sakit gigi, gusi berdarah atau perubahan warna gigi, segera kunjungi dokter. Kehamilan menyebabkan perubahan hormonal, yang meningkatkan risiko Anda terkena penyakit gusi dan dapat memengaruhi kesehatan bayi Anda yang sedang berkembang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi hamil ibu hamil kesehatan gigi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top