Mimpi buruk menyebabkan gangguan tidur./ilustrasi
Health

Jenis-jenis Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya

Desyinta Nuraini
Jumat, 13 November 2020 - 16:00
Bagikan

Berjalan dalam tidur

Sleepwalking atau somnambulism adalah gangguan tidur di mana seseorang melakukan tindakan yang tidak diinginkan seperti bangun dan berjalan saat tidur. Hal ini juga ditandai dengan berkurangnya kesadaran lingkungan dan berkurangnya kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Tidur mungkin bersifat turun-temurun tetapi faktor lain adalah hipertiroidisme dan masalah emosional juga menjadi penyebabnya. Anak-anak lebih terdiagnosis dengan kondisi tersebut dibandingkan dengan orang dewasa.

Gangguan mimpi buruk

Gangguan mimpi buruk terkait dengan gejala seperti sesak napas, berkeringat, atau gerakan kaki secara berkala yang diikuti oleh emosi ketakutan, kesedihan, kemarahan, dan rasa malu. Gangguan tersebut dapat menyebabkan penurunan kehidupan sosial, pribadi dan pekerjaan. Penelitian menunjukkan peristiwa traumatis atau trauma emosional di balik gangguan mimpi buruk.

Gangguan fase tidur-bangun yang tertunda

Ini adalah gangguan ritme sirkadian yang paling umum. Gangguan fase tidur-bangun yang tertunda (DSWPD) diketahui muncul terutama selama masa kanak-kanak dan berlanjut hingga dewasa. Dalam kondisi ini, seseorang tidak dapat tertidur pada waktu tidur normal atau mengatakan, waktu sesuai siklus sirkadian bahkan ketika mereka lelah.

Hal ini menyebabkan keterlambatan waktu bangun yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang seperti terlambat ke sekolah atau kantor. Penundaan tidur setidaknya dua jam.

Untuk mengatasi beragam gangguan tidur di atas, pertahankan waktu tidur agar Anda bisa tidur minimal 7-8 jam. Kemudian singkirkan semua gadget seperti ponsel saat tidur.

Jangan membebani perut dengan makanan berat sesaat sebelum tidur. Makan malam setidaknya dua jam sebelum waktu tidur. Hindari konsumsi alkohol malam hari atau merokok.

Sesuaikan suhu ruangan dan hindari suhu hangat atau dingin yang berlebihan. Buat ruangan menjadi gelap dan tenang. Mandi air hangat atau latihan relaksasi tertentu membantu tidur lebih nyenyak.

Kemudian tetap aktif di siang hari dan hindari tidur siang yang lama. Cari cara untuk mengontrol faktor emosional Anda seperti stres atau kecemasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro