Ilustrasi/Fashionmio
Health

Ini Tips Memeriksa Kesehatan Mata Selama Pandemi

Krizia Putri Kinanti
Senin, 16 November 2020 - 18:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja dari rumah tanpa mengenal waktu bisa menyebabkan kelelahan dan kerusakan pada mata karena terus menatap layar  komputer dan smartphone.

Pemeriksaan mata rutin menjadi penting selama work from home (WFH) untuk menjaga kesehatan  mata. Adapun pemeriksaan yang tepat dilakukan setiap dua tahun.

Ahli kacamata dapat memeriksa tanda-tanda kesalahan refraksi atau kondisi mata. Jika Anda telah memperhatikan perubahan dalam penglihatan Anda selama beberapa minggu terakhir, maka pemeriksaan mata perlu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan mata.

Namun, banyak pemeriksaan mata rutin ditunda karena pandemi Covid-19 sebagai respon atas pedoman tentang social distancing. Saat ini beberapa kegiatan sudah berjalan normal kembali namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dikutip dari versanthealth.com, Senin (16/11/2020), pasti ada perubahan pada janji temu langsung, termasuk bagaimana Anda menjadwalkannya dan apa yang terjadi sebelum dan selama tes mata Anda.

Berikut adalah 5 langkah yang harus diambil agar kunjungan sukses dengan ahli perawatan mata Anda:

1. Pastikan untuk menjadwalkan janji sebelumnya

Banyak praktik tidak lagi menerima walk-in dan mungkin memiliki jam terbatas. Hal ini memungkinkan staf untuk membersihkan dan mendisinfeksi di antara pasien dan memastikan bahwa keterpaparan Anda kepada pasien lain di ruang tunggu akan dibatasi.

Kunjungi situs web profesional perawatan mata untuk mendapatkan informasi tambahan dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan saat Anda menelepon untuk membuat janji untuk memastikan Anda merasa nyaman dengan kunjungan kantor.

2. Verifikasi parameter penyaringan ahli perawatan mata

Ahli perawatan mata Anda mungkin meminta Anda untuk menunggu di luar, atau di dalam mobil Anda, daripada di ruang tunggu biasa. Ini untuk melindungi Anda, pasien lain, dan staf kantor dari kemungkinan terpapar di ruang tunggu yang padat. Ahli perawatan mata Anda mungkin meminta Anda datang sendiri, jika memungkinkan, untuk membatasi jumlah orang di kantor.

3. Ukur suhu tubuh Anda sendiri di rumah sebelum Anda datang ke janji temu

Jadwalkan ulang jika suhu tubuh di atas 38 derajat celcius. Meskipun suhu Anda normal, jika Anda batuk atau telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang sedang sakit, pastikan untuk menghubungi kantor profesional perawatan mata Anda sebelumnya dan beritahu mereka.

4. Bawalah masker

Ahli perawatan mata Anda pasti ingin Anda memakai masker setiap saat selama kunjungan Anda. Anda dan ahli perawatan mata Anda akan berada dalam jarak yang sangat dekat secara fisik selama ujian. Masker akan menjaga Anda berdua aman dari tetesan yang bisa keluar melalui mulut atau hidung, meski tidak ada yang batuk atau bersin.

5. Jangan lupa semua dokumen yang diperlukan

Pastikan untuk membawa KTP Anda, serta dokumen penting lainnya, seperti riwayat kesehatan Anda. Beberapa praktisi akan meminta Anda untuk mengisi formulir online dan membawanya bersama Anda, untuk menghemat waktu dan meminimalkan kebutuhan untuk menggunakan pena di kantor.

Meskipun beberapa dari kita masih menjaga jarak dan ragu untuk meninggalkan rumah, penting untuk tidak mengabaikan pandangan Anda. Anda dapat merasa aman mengetahui bahwa ahli perawatan mata Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi kesehatan Anda selama pemeriksaan yang sangat penting ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro