Cuci tangan. Saat ini permintaan bahan baku khususnya untuk produk penunjang kesehatan seperti handsanitizer, masker, hingga alat pelindung diri atau APD meningkat pesat. Alhasil, permintaan tersebut cukup mendorong utilisasi industri hulu saat ini. /ANTARA
Fashion

Fasilitas Umum Ini Dinilai Baik Terapkan Protokol Kesehatan

Dewi Andriani
Selasa, 17 November 2020 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 sekaligus mendorong implementasi kesehatan dan lingkungan di berbagai fasilitas umum, pemerintah memberikan penghargaan bidang kesehatan lingkungan tahun 2020.

Penghargaan yang diberikan untuk fasilitas umum seperti Pelabuhan Laut dan Bandar Udara, rumah sakit/fasyankes hingga terminal serta Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) ini, melibatkan lintas sektor. Antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan inisiasi tersebut juga dibuat sebagai bentuk pencegahan Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan termasuk di tempat fasilitas umum.

"Sesuai peraturan pemerintah, kegiatan ini bisa menjadi momentum mengajak seluruh komponen anak bangsa dalam perilaku hidup sehat serta penerapan protokol di tempat dan fasilitas umum," ujarnya dalam sambutan "Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2020" secara virtual, Selasa (17/11/2020).

Selain itu, pemerintah juga terus mendukung dan memberi apresiasi bagi stakeholder terkait untuk terus memperbaiki protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, mulai dari terminal dan pelabuhan sehat, hingga pelayanan yang bebas alat kesehatan bermerkuri. "Harapannya fasilitas umum ini bisa lebih bersih dan sehat sehingga dapat menekan penyebaran Covid-19 di masa pandemi yang belum berakhir ini," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan bahwa upaya tersebut perlu didorong berbagai kementerian atau lembaga terkait.

"Dengan demikian, semua pihak bisa menerapkan kesadaran, jangan kendor mengimplementasikan protokol kesehatan," tegasnya.

Berdasarkan data yang terhimpun, jumlah terminal di Indonesia pada 2020 terdiri dari terminal tipe A sebanyak 97 terminal, tipe B sebanyak 294 terminal dan tipe C terdiri dari 400 terminal.

Adapun Pemenang Terminal Tipe A untuk juara 1 diraih Terminal Tirtonadi Surakarta, juara 2 diraih Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang DKI Jakarta dan juara 3 diraih Terminal Insinyur Soekarno Kab. Klaten.

Pemenang Terminal Tipe B di antaranya, juara 1 diraih Terminal Maospati Provinsi Jawa Timur, juara 2 diraih Terminal Banjar Negara Jawa Tengah, juara 3 diraih Terminal Anjuk Ladang Provinsi Jatim.

Sedangkan, Pemenang Terminal Tipe C di antaranya juara 1 diraih Terminal Gunung Pati Kota Semarang, juara 2 diraih Terminal Madyopura Kota Malang dan juara 3 diraih Terminal Condong Catur Kab Sleman.

Tak hanya terminal, ada pula perwakilan penerima penghargaan pelabuhan sehat 2020 ada Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Jakarta dan Pelabuhan khusus PT Badak LNG, Bontang. Adapun Penghargaan Bandara Sehat 2020 yaitu diraih oleh Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro