Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FDA Setujui Tes Cepat Covid-19 Pertama yang bisa Dilakukan di Rumah

FDA memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk kit uji cepat 30 menit dari produsen Lucira Health yang berbasis di California. Tes ini hanya dapat dilakukan dengan resep dan disetujui untuk mereka yang berusia 14 tahun ke atas.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 18 November 2020  |  14:32 WIB
Ilustrasi tes Virus Corona. - Antara
Ilustrasi tes Virus Corona. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga otoritas obat Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) baru saja menyetujui tes cepat Covid-19 atau rapid test yang dapat dilakukan di rumah.

FDA memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk kit uji cepat 30 menit dari produsen Lucira Health yang berbasis di California. Tes ini hanya dapat dilakukan dengan resep dan disetujui untuk mereka yang berusia 14 tahun ke atas.

Dalam sebuah pernyataan, Stephen Hahn, komisaris FDA mengatakan opsi pengujian baru itu merupakan kemajuan diagnostik yang penting untuk mengatasi pandemi dan mengurangi beban publik terkait penyebaran penyakit.

“Tindakan hari ini menggarisbawahi komitmen berkelanjutan FDA untuk memperluas akses pengujian penyakit pandemi Covid-19,” katanya seperti dikutip New York Post.

Mekanisme kerja dari tes tersebut hanya memiliki beberapa langkah. Pertama, pengguna mengambil swab hidung, yang kemudian akan ditempatkan dalam botol, yang dihubungkan ke unit pengujian portabel.

Dalam 30 menit saja, perangkat akan menafsirkan hasilnya dan menampilkan informasi apakah seseorang itu dinyatakan positif atau negatif Covid-19. Ini merupakan pengembangan alat uji yang signifikan karena cara yang mudah, waktu yang cepat, dan hasil yang akurat.

Hingga saat ini, FDA telah mengesahkan hampir 3.000 tes virus corona. Sebelumya, segelintir pihak mengizinkan orang untuk mengambil sampel hidung atau air liur di rumah, yang kemudian dikirim ke laboratorium. Tapi biasanya harus menunggu berhari-hari untuk mendapatkan hasilnya.

Adapun, para ahli mengatakan mengizinkan orang untuk menguji diri mereka sendiri di rumah akan membantu mengurangi waktu penyelesaian dan mengekang kemungkinan penyebaran virus ke petugas kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPOM Virus Corona rapid test Obat Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top