Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menyiapkan Anak Kembali ke Sekolah Setelah Pandemi

Ini 7 tips menyiapkan anak untuk kembali ke sekolah pascapandemi.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 21 November 2020  |  17:02 WIB
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali membagikan masker kepada anak sekolah di SD N 1 Ringinlarik, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO - Aloysius Jarot Nugroho
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali membagikan masker kepada anak sekolah di SD N 1 Ringinlarik, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO - Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Para orang tua dinilai perlu menyiapkan anak-anaknya sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka pada tahun ajaran genap, Januari 2021.

Psikolog Anak Gisella Tani Pratiwi mengatakan sebagai langkah awal, orang tua harus memastikan anak memahami situasi pandemi Covid-19.

"Cara mengenalkannya bisa melalui cara cara yang ramah anak. Misal dengan buku cerita atau video anak yang bisa dicari di Internet," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (21/11/2020).

Kedua, anak wajib terlatih mengikuti protokol kesehatan. Ketiga, orang tua harusemastiksn sekolah menerapkan protokol kesehatan.

Keempat, lanjut Gisella, ajak anak mengamati dan memahami proses belajar mengajar, terutama bagi mereka yang baru masuk di kelas 1 SD. Hal ini bisa dilakukan melalui video, buku cerita, atau bermain pura-pura sekolah.

Dengan demikian, katanya anak bisa paham aturan dalam kelas yang mungkin lebih tegas dan butuh sikap belajar yang lebih serius.

"Misal tentang jenis tugas, cara berkomunikasi kepada guru, dan sistem pengajaran di sekolah yang dituju," sebutnya.

Kelima, usahakan anak sudah terlatih memiliki sikap belajar yang memadai. Misal, bagaimana memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu, memahami instruksi dari guru, dan menaati peraturan yang diberikan.

Keenam, kenalkan jadwal yang baru ketika akan masuk sekolah. Ketujuh, persiapkan anak untuk beradaptasi pada kebiasaan belajar yang baru.

Menurut Gisella, ada saatnya anak mandiri terutama ketika di kelas dengan guru dan murid-murid lain. Selain itu, dia memaparkan ada saat dimana anak masih mendapat bimbingan dari orang tua misal selepas kegiatan di kelas.

"Terakhir, ajak anak mengenali sisi menyenangkan dari sekolah. Bicarakan manfaat yang akan dia dapatkan," pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi sekolah Pembelajaran Jarak Jauh
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top