Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali membagikan masker kepada anak sekolah di SD N 1 Ringinlarik, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Health

Tips Menyiapkan Anak Kembali ke Sekolah Setelah Pandemi

Desyinta Nuraini
Sabtu, 21 November 2020 - 17:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para orang tua dinilai perlu menyiapkan anak-anaknya sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar tatap muka pada tahun ajaran genap, Januari 2021.

Psikolog Anak Gisella Tani Pratiwi mengatakan sebagai langkah awal, orang tua harus memastikan anak memahami situasi pandemi Covid-19.

"Cara mengenalkannya bisa melalui cara cara yang ramah anak. Misal dengan buku cerita atau video anak yang bisa dicari di Internet," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (21/11/2020).

Kedua, anak wajib terlatih mengikuti protokol kesehatan. Ketiga, orang tua harusemastiksn sekolah menerapkan protokol kesehatan.

Keempat, lanjut Gisella, ajak anak mengamati dan memahami proses belajar mengajar, terutama bagi mereka yang baru masuk di kelas 1 SD. Hal ini bisa dilakukan melalui video, buku cerita, atau bermain pura-pura sekolah.

Dengan demikian, katanya anak bisa paham aturan dalam kelas yang mungkin lebih tegas dan butuh sikap belajar yang lebih serius.

"Misal tentang jenis tugas, cara berkomunikasi kepada guru, dan sistem pengajaran di sekolah yang dituju," sebutnya.

Kelima, usahakan anak sudah terlatih memiliki sikap belajar yang memadai. Misal, bagaimana memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu, memahami instruksi dari guru, dan menaati peraturan yang diberikan.

Keenam, kenalkan jadwal yang baru ketika akan masuk sekolah. Ketujuh, persiapkan anak untuk beradaptasi pada kebiasaan belajar yang baru.

Menurut Gisella, ada saatnya anak mandiri terutama ketika di kelas dengan guru dan murid-murid lain. Selain itu, dia memaparkan ada saat dimana anak masih mendapat bimbingan dari orang tua misal selepas kegiatan di kelas.

"Terakhir, ajak anak mengenali sisi menyenangkan dari sekolah. Bicarakan manfaat yang akan dia dapatkan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro