Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jumpstart, Start Up Vending Machine Kopi Pertama di Indonesia

Bertambahnya jumlah penikmat kopi, terkadang mengakibatkan antrean panjang di berbagai kedai kopi yang memperlambat para penikmat kopi dengan aktivitas tinggi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 26 November 2020  |  21:14 WIB
Jumpstart
Jumpstart

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa tahun terakhir, minum kopi telah menjadi suatu bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Saat ini, kopi seakan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, terutama bagi kalangan muda.

Bertambahnya jumlah penikmat kopi, terkadang mengakibatkan antrean panjang di berbagai kedai kopi yang memperlambat para penikmat kopi dengan aktivitas tinggi. Alih-alih produktif, penikmat kopi justru membuang waktunya untuk menanti kopi favoritnya untuk menemani mereka beraktivitas.

Berangkat dari kondisi tersebut, perusahaan rintisan JumpStart meluncurkan Smart Coffee Machine yang tak lain adalah mesin penjual otomatis (vending machine) khusus kopi. Saat ini Smart Coffee Machine telah tersebar di lebih dari 500 lokasi perkantoran, rumah sakit, apartemen, bank, pabrik dan lembaga pemerintahan di penjuru Jabodetabek dan akan segera menyusul di Bandung dan Surabaya pada tahun 2021.

Keunggulan dari Smart Coffee Machine ini adalah menggunakan 100% biji kopi premium Indonesia, menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk automatic route planning (sistem perencanaan rute otomatis), real time error detection (mendeteksi error dalam waktu yang tepat), dan demand forecasting (perkiraan
permintaan bahan baku).

Smart Coffee Machine menyajikan sekitar lebih dari 20 menu kopi segar dan minuman non-kopi seperti cokelat dan teh hijau. Adapun, untuk metode pembayaran mesin ini juga dapat menggunakan pembayaran tunai maupun cashless seperti gopay, shopeepay, dana, linkaja, jackone, brizzi dengan menggunakan QRIS.

CEO JumpStart Brian Imawan menjelaskan pihaknya meluncurkan Smart Coffee Machine dengan tujuan mempermudah para penikmat kopi untuk mendapatkan kopi segar yang dapat diperoleh secara cepat dan dengan berbagai pilihan pembayaran.

"Smart Coffee Machine dapat menjadi solusi untuk para konsumen
kami untuk tetap dapat menjalankan berbagai aktivitasnya tanpa harus menghabiskan waktu lama untuk antri di berbagai kedai kopi,” katanya dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (26/11/2020).

Brian menambahkan kopi yang dibuat menggunakan Smart Coffee Machne menggunakan biji kopi asli dan bahan baku premium. Walaupun dibuat menggunakan mesin, konsumen dapat menyesusaikan takaran gulanya dan lainnya sesuai keinginan.

Setelah meluncurkan Smart Coffee Machine, pada tahun 2017 JumpStart membuka beberapa outlet kopi yang berada di 13 lokasi yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Di outlet kopi tersebut pelanggan bisa mendapatkan menu yang berbeda dari Smart Coffee Machine, seperti Dalgona coffee yang viral sampai kopi kekinian dalam kemasan botol.

"Dan outlet kopi ini juga bisa dipesan secara online melalui webapps www.jumpstart.id, yang tidak perlu di download baik untuk iphone maupun android," tutur Brian.

JumpStart terus berinovasi, pada tahun 2020, JumpStart meluncurkan product berupa coffee bean dan coffee drip yang dapat dipesan secara daring di berbagai e-commerce dan juga di berbagai platform dagang el seperti Tokopedia, Shopee dan BliBli.

Tujuannya untuk mempermudah para penikmat kopi untuk dapat menikmati kopi sesuai dengan selera mereka tanpa harus keluar rumah.

"Dengan adanya pandemi, peluncuran kedua produk kopi ini menjadi semakin relevant dengan kondisi saat ini, dan kami senang JumpStart bisa memberikan solusi di tengah pandemi yang meresahkan ini,” ungkap Brian.

Kedepannya, menurut Brian JumpStart sedang mempersiapkan suatu produk terobosan baru yang dapat langsung dinikmati konsumen dan akan segera diluncurkan pada Desember 2020 .

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi StartUp
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top