Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Tua, Ini Lho Manfaat Sering Memeluk Anak

Namun beberapa orang tua tidak terlalu ekspresif. Mereka hampir tidak pernah memeluk atau mencium anak-anak mereka. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelukan berdampak baik pada anak. Ini membantu anak-anak dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  13:48 WIB
Ilustrasi orang tua memeluk anak
Ilustrasi orang tua memeluk anak

Bisnis.com, JAKARTA -- Siapa yang tidak suka pelukan? Kita semua pasti menyukainya. Pelukan bisa membuat kita merasa lebih baik, ketika sedih ataupun marah. Ini berlaku juga untuk anak-anak.

Mereka membutuhkan pelukan dan sentuhan terus menerus. Namun beberapa orang tua tidak terlalu ekspresif. Mereka hampir tidak pernah memeluk atau mencium anak-anak mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelukan berdampak baik pada anak. Ini membantu anak-anak dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Kekuatan pelukan tidak bisa diabaikan begitu saja. Dikutip dari India.com, Kamis (3/12/2020) ada 5 alasan mengapa memeluk anak itu baik untuk mereka.

1. Membantu mereka tumbuh

Anak-anak membutuhkan kontak fisik. Tidak hanya membuat mereka merasa aman, tetapi juga memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan mereka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat Anda memeluk seorang anak, itu meningkatkan kadar hormon oksitosin.

Oksitosin bertanggung jawab untuk pertumbuhan saraf dan pertumbuhan mirip insulin. Tubuh anak-anak berkembang bila ada sentuhan terus menerus. Jadi selain semua nutrisi yang Anda berikan kepada anak Anda, pastikan untuk sering memeluknya.

2. Membuat anak-anak lebih pintar

Pelukan juga akan membantu membuat anak Anda lebih pintar. Ini membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat. Dalam masa pertumbuhan seorang anak, dia membutuhkan rangsangan untuk berbagai indera. Beberapa orang tua memiliki kebiasaan meninggalkan anak-anak mereka di ranjang bayi lebih lama.

Ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak Anda. Mengganggu keterampilan kognitifnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk sering memeluk atau menyentuh anak Anda. Ini memberi stimulasi yang baik ke otak.

3. Mengurangi amarah / tantrum anak-anak Anda

Orang tua yang meneriaki anak-anak mereka karena membuat ulah akan senang mengetahui bahwa pelukan pun dapat membantu. Meneriaki anak Anda tidak selalu membantu. Cobalah memeluk anak Anda dan Anda akan melihat penurunan yang cukup besar dalam temperamennya. Memeluk anak Anda saat dia mengamuk jelas bukan pertanda mendorong perilaku buruk. Itu hanya cara membuat anak itu tenang.

4. Membuat mereka lebih bahagia

Fakta yang diketahui bahwa pelukan melepaskan oksitosin yang membuat suasana hati Anda lebih baik. Ini persis seperti yang terjadi pada anak-anak juga. Memeluk seorang anak akan membuatnya menjadi anak yang lebih bahagia dan menyenangkan. Anda tidak akan melihat anak Anda kesal atau sedih.

5. Memperkuat sistem kekebalan mereka

Fakta yang terbukti secara medis bahwa berpelukan adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat kekebalan seseorang. Ini bekerja secara efektif pada anak-anak. Muatan emosional yang diciptakan pelukan, menyeimbangkan produksi sel darah putih. Dan begitulah tubuh anak Anda sehat dan bebas penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting Pelukan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top