Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020./Istimewa
Health

Sinovac Tegaskan Belum Ada Data Kemanjuran Vaksin Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 9 Desember 2020 - 06:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembuat vaksin covid-19 dari China Sinovac Biotech Ltd. menciptakan antibodi di antara 97% dari mereka yang diberikan dalam uji coba tahap akhir di Indonesia, tetapi kemanjurannya belum ditentukan, juru bicara perusahaan mengatakan Selasa.

Klarifikasi tersebut muncul setelah mitra Sinovac Indonesia, PT Bio Farma, mengatakan bahwa vaksin tersebut telah terbukti 97% efektif dalam uji klinis awal di sana.

Ketika ditanya tentang tanggapan Sinovac, Bio Farma menahan diri untuk tidak menyetujui dan malah mengatakan tingkat kemanjuran akhir hanya akan selesai pada bulan Januari. Demikian dilansir dari Bloomberg.

Sinovac mengatakan bahwa angka 97% mengacu pada tingkat serokonversi, yang terpisah dari kemanjuran vaksin, karena tingkat serokonversi yang tinggi tidak selalu berarti bahwa vaksin secara efektif melindungi orang dari Covid-19.

Perusahaan yang berbasis di Beijing dan mitranya masih menganalisis data dari uji coba Fase III yang lebih besar di Brasil, di mana mereka berharap mendapatkan indikasi seberapa efektif penembakan tersebut berdasarkan sekitar 60 kasus Covid-19, kata juru bicara tersebut. 

Tidak seperti pembuat vaksin di wilayah barat, tidak ada pengembang vaksin China terkemuka yang merilis data secara publik tentang kemanjuran suntikan mereka dalam uji coba Fase III, sehingga sulit untuk membandingkan vaksin mereka dengan yang lain, atau untuk memperkirakan seberapa cepat mereka akan menerima persetujuan untuk umum. menggunakan.

Namun, dosis telah diberikan kepada ratusan ribu orang secara lokal di bawah program penggunaan darurat China. Hal itu telah menimbulkan keprihatinan di antara para ilmuwan tentang potensi risiko dalam menggunakan vaksin yang keselamatannya belum dipelajari secara menyeluruh.

Pfizer Inc. bulan lalu mengatakan bahwa vaksin yang dikembangkan bersama dengan BioNTech SE memiliki tingkat perlindungan lebih dari 90%. Tingkat kemanjuran yang tinggi ini juga terlihat dalam vaksin Moderna Inc., yang menggunakan teknologi mRNA serupa.

Sementara itu, vaksin AstraZeneca Plc, vektor virus yang dikembangkan dengan Universitas Oxford, menghentikan rata-rata 70% peserta dari jatuh sakit, analisis awal menunjukkan.

Vaksin Sinovac mengandalkan versi tidak aktif dari novel coronavirus untuk mengajari sistem kekebalan manusia mengenali dan menghancurkan yang asli. Ini adalah metode yang banyak digunakan dalam vaksin untuk melawan banyak penyakit lain seperti hepatitis, flu, dan polio.

Hingga saat ini, regulator obat dan Organisasi Kesehatan Dunia WHO masih mempertimbangkan vaksin yang layak jika dapat melindungi setidaknya 50% orang dari tertular Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro