Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Cara 'Memikat' Bos Anda

Penting untuk memiliki keahlian yang tepat agar berhasil di tempat kerja, dan juga untuk mengesankan atasan Anda. Ini tidak hanya bergantung pada kualitas pekerjaan seseorang, tetapi juga faktor lain yang menentukan posisi Anda dalam pandangan atasan Anda.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 09 Desember 2020  |  12:51 WIB
Ilustrasi - Cambridgeinternational
Ilustrasi - Cambridgeinternational

Bisnis.com, JAKARTA - Kesan pribadi sangat penting di tempat kerja. Apalagi jika menyangkut bos.

Penting untuk memiliki keahlian yang tepat agar berhasil di tempat kerja, dan juga untuk mengesankan atasan Anda. Ini tidak hanya bergantung pada kualitas pekerjaan seseorang, tetapi juga faktor lain yang menentukan posisi Anda dalam pandangan atasan Anda.

Memberi kesan yang tepat pada atasan Anda juga bisa menjadi faktor penentu untuk promosi atau bahkan pemecatan. Jadi, dikutip dari Times of India, Rabu (9/12/2020), berikut adalah beberapa tips untuk membuat atasan Anda terkesan di tempat kerja:

1. Berpakaian bagus dan rapi

Ini adalah salah satu hal terpenting yang meninggalkan kesan cukup bagi semua orang, termasuk atasan Anda. Kemeja yang rapi atau pakaian formal yang menyenangkan adalah pakaian tempat kerja yang pantas. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam permainan berpakaian karena terlalu berlebihan akan memberikan kesan sanjungan yang dipaksakan.

2. Selalu datang lebih awal

Jangan pernah terlambat ke kantor, kecuali itu merupakan kebutuhan mendesak. Semua orang mengagumi orang yang tepat waktu, yang dapat mencapai kantor tepat waktu atau memulai pekerjaannya lebih awal atau tepat waktu. Hal ini memberikan kesan bahwa Anda sangat memperhatikan etika kerja.

3. Jadilah tech savvy

Tidak ada yang menginginkan karyawan yang tidak maju secara teknis di era digital saat ini. Tangan yang menjanjikan dalam mengoperasikan komputer atau laptop berguna saat melakukan proyek dasar. Selain itu, jika Anda berada di bidang teknis, paham komputer adalah suatu keharusan.

4. Inisiatif 

Menjadi sukarelawan terlebih dahulu di setiap proyek dan berinisiatif untuk menyelesaikan pekerjaan. Tempat kerja juga merupakan arena kompetitif, dan orang yang bekerja paling keras akan bertahan. Ketegasan Anda terhadap pekerjaan akan memberikan dampak positif bagi atasan Anda.

5. Dukung tujuan atasan Anda

Jadilah pendukung setia tujuan dan aspirasi profesional atasan Anda. Meskipun penting untuk memenuhi ekspektasi atasan Anda, Anda juga harus memperhatikan apa yang sebenarnya diinginkan atasan Anda agar Anda bekerja lebih banyak. Seringkali, ketika Anda memenuhi ekspektasi mereka, atasan bisa sangat senang karenanya.

6. Bersemangatlah untuk belajar

Selalu proyeksikan diri Anda sebagai pembelajar yang bersemangat dalam hal mengetahui dan memahami hal-hal baru di tempat kerja. Sedikit pengetahuan akan selalu menguntungkan Anda dalam jangka panjang. Apalagi? Bos Anda akan senang bahwa Anda adalah pembelajar yang bersemangat dan cepat!

7. Jujurlah

Kejujuran bekerja dengan baik di tempat kerja. Jangan membuat kesalahan dengan berbohong kepada atasan Anda tentang hal-hal tertentu karena itu bisa menjadi kelemahan utama dalam mengesankan atasan Anda.

Bersikaplah jujur dan terbuka tentang sisi profesional Anda dan selalu komunikasikan ide-ide Anda dengan jelas sehingga tidak ada ruang untuk kesalahan atau kesalahpahaman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

profesional Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top