Ilustrasi pria stres setelah istri melahirkan./Antara
Fashion

3 Cara Penghilang Stres untuk Orang yang Selalu Sibuk

Nirmala Aninda
Jumat, 11 Desember 2020 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- 2020 dipenuhi dengan berbagai macam fenomena yang dapat memicu stres.

Antara pandemi, ekonomi yang tertekan dan perubahan dramatis pada cara kita melakukan segala hal mulai dari berkumpul dengan keluarga hingga berbelanja bahan makanan, tidak ada yang bisa menyalahkan Anda karena stres.

Ada sejumlah cara terbaik untuk meredakan stres tersebut dan masing-masing sangat mudah dilakukan, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Jumat (11/12/2020):

1. Yoga

Penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa yoga adalah sumber penghilang stres terbaik. Penelitian mereka menunjukkan bahwa yoga sebenarnya memodulasi respons stres otak, membangun ketahanan Anda terhadap stres dari waktu ke waktu.

Sederhananya, menerapkan latihan yoga dapat membantu Anda tidak hanya mengurangi stres, tetapi membuat Anda lebih kebal terhadapnya di masa mendatang. Itu akan sangat berguna untuk menjadikan 2021 sebagai tahun tersukses Anda.

2. Olahraga Intensitas Tinggi

Hampir semua orang, khususnya pegiat olahraga sepakat bahwa olahraga teratur dapat membantu meredakan stres. Penelitian di University of Missouri-Columbia menunjukkan bahwa, secara khusus, olahraga dengan intensitas tinggi adalah cara yang lebih ampuh untuk mengurangi stres dan kecemasan. Studi mereka menunjukkan olahraga intensitas tinggi terutama bermanfaat bagi wanita.

Olahraga menurunkan kadar hormon stres tubuh, seperti adrenalin dan kortisol. Kegiatan ini juga merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak yang merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh dan pengangkat suasana hati.

Endorfin bertanggung jawab atas 'runner's high' dan atas perasaan relaksasi dan optimisme seperti yang kita rasakan ketika berolahraga.

3. Berlari

Sebuah studi dari Universitas Maryland menemukan bahwa orang yang rutin berlari memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Tidak hanya itu, tetapi mereka lebih tahan terhadap situasi yang memicu stres. Hanya dengan berlari beberapa kali seminggu dapat berdampak positif pada tingkat stres Anda. Stres dapat memicu efek mental dan fisik pada kesehatan Anda, jadi penting untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang menurunkan tingkat stres Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro